19 May 2017

Telkom University: Arahkan Lulusan Untuk Memenuhi Kebutuhan Industri

Jakarta – Career Development Center (CDC) Telkom university menggelar diskusi interaktif dengan tema Kolaborasi Industri dan Perguruan Tinggi Dalam Mengembangkan Human Capital Indonesia di Era Digital pada Kamis, (18/5) bertempat di hotel Ritz-Carlton, Jakarta.

Diskusi interaktif yang dihadiri oleh para tamu undangan dari berbagai jenis industri ini merupakan bentuk apresiasi Telkom University kepada pelaku industri yang telah memberikan kesempatan bagi para alumni untuk bisa berkarir di industri terkait.

Acara diskusi ini dibuka oleh Rektor Telkom University, Prof. Mochamad Ashari Ph.D yang mengungkapkan bahwa Telkom University membutuhkan feedback dari perusahaan multi nasional untuk bisa melakukan alignment dan mencetak lulusan yang sesuai kebutuhan perusahaan.

“Kami begitu mengapresiasi kontribusi rekan-rekan sekalian khusunya para pimpinan perusahaan yg telah melakukan rekrutmen para alumni kami. Kedua, kami ingin ada feedback dari industri bagi Telkom University apa yang perlu dirubah dan ditambah. Sehingga kami bisa memenuhi kebutuhan pasar dunia kerja“ ungkap Ashari.

Untuk terus memperluas jaringan kerjasama industri, Telkom University di acara yang sama juga melakukan penandatangan MOU dengan beberapa perusahaan multinasional diantaranya PT. Angkasa Pura II, ID Talent, PT Home Credit Indonseia, dan Infomedia Solusi Humanika.

Founder ID Talent Indonesia, Putra Nababan mengatakan bahwa banyak para lulusan yang tidak mengetahui potensi yang mereka miliki sehingga sering terjadi ketidakcocokan antara pekerjaan dan potensi para fresh graduate.

Menanggapi hal tersebut, Ashari menjelaskan bahwa Telkom University memiliki sebuah program bootcamp yang rutin di laksanakan CDC satu tahun sebelum mahasiswa diluluskan. “Mengatasi hal tersebut kami ada bootcamp, intinya untuk mengetahui minat dan bakat para calon lulusan sehingga kami berikan arahan ke industri mana mereka sebaiknya bekerja” ungkapnya.

Sebagai informasi, Telkom University pada Desember 2016 lalu mendapat akreditasi A dari BAN PT, prestasi tersebut diharapkan mampu untuk berkompetensi di taraf nasional dan bisa memenuhi kebutuhan pasar lapangan kerja di perusahaan multi nasional saat ini. Program yang terus dicanangkan oleh CDC untuk memonitor sebaran alumni kerap dijalankan, sehingga ikatan alumni Telkom University yang lebih sering dikenal dengan FAST bisa membantu lulusan baru untuk bisa segera bekerja.

Abdullah Adnan

Previous Article Next Article

Leave a Reply