06 Feb 2017

Telkom University Dirikan Pusat Budaya Perancis

Bandung, Telkom University – Dalam upaya membangun jaringan global, Telkom University terus menjalin kerjasama internasional, kali ini melalui kemitraan Institut Perancis Indonesia (IFI) dan Fakultas Komunikasi dan Bisnis (FKB). Kerjasama tersebut lebih pada penguatan literasi budaya dan bahasa.

Meskipun demikian, pusat budaya Perancis di FKB ini tidak menutup kemungkinan menjadi pusat informasi terkait kemitraan Telkom University yang lebih universal. Pusat Budaya yang diberi nama “French Corner” ini diresmikan langsung oleh Dekan FKB Telkom University Jafar Sembiring pada hari Senin (6/2/17) di Gedung Kawalusu Telkom University.

Dalam sambutannya, Sembiring bersemangat untuk menjadikan French Corner sebagai laboratorium mini terkait wawasan tentang negara dan budaya Perancis. Dan dapat dimanfaatkan sebagai ruang penunjang keahlian berbahasa mahasiswa

“Kami hadirkan pusat budaya perancis ini, agar mahasiswa lebih terfasilitasi dalam belajar tentang apapun yang berkaitan dengan Perancis, ke depan kami tambah lagi pusat budaya seperti ini, Jerman, Korea, Taiwan, dan banyak lagi” tegasnya.

Keberadaan French Corner di Telkom University sebelumnya berada di Perpustakaan Universitas, Gedung Learning Centre. Dan berada dalam kemitraan Internasional Office. Saat ini beralih ke FKB Telkom University agar lebih potensial menjaring mahasiswa dari rumpun ilmu sosial, dan letaknya strategis bersatu dengan gedung perpustakaan yang baru.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan M. Yahya Arwiyah menyambut baik peresmian ulang French Corner ini. Dalam keterangannya menginginkan agar fasilitas di Telkom University ini dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemanfaatan mahasiswa.

“Sudah menjadi kewajiban kami menyediakan fasilitas apapun terkait pengembangan akademik mahasiswa, entah itu studi bahasa maupun budaya negara-negara di dunia, semoga mahasiswa melihat itu sebagai kesempatan yang besar, dan bersemangat untuk memanfaatkan” katanya.

Sementara itu, representatif Institut Perancis Indonesia Karina mengatakan, pihaknya akan berkomitmen untuk menjalin kemitraan dengan Telkom University di banyak bidang, terutama yang berkaitan dengan dunia akademik.

“Pembicaraan (tentang pembukaan French Corner) ini sudah sejak Desember lalu, terlebih hubungan (IFI) dengan Telkom University sudah terjalin lama. Sehingga ini hanya penguatan saja dan meneruskan tradisi sharing knowledge antara IFI dan Perguruan Tinggi.” Ungkapnya.

French Corner Telkom University nantinya akan melayani kunjungan setiap hari Senin-Jumat, di jam operasional Universitas. Fasilitas yang akan dihadirkan berupa perpustakaan mini dengan buku-buku dan film Perancis, juga tersedia piranti digital untuk dapat mengakses segala bentuk informasi berkaitan dengan agenda, dan kegiatan-kegiatan French Corner Telkom University.[]

Dedi Kurnia Syah Putra

Previous Article Next Article

Leave a Reply