Telkom University Gelar Kuliah Umum: Peran Intelijen Dalam Organisasi dan Kepemimpinan

Telkom University Gelar Kuliah Umum 'Peran Intelijen Dalam Organisasi dan Kepemimpinan’

Bandung, 6 Juni 2024 – Telkom University mengadakan kuliah umum bertajuk ‘Peran Intelijen Dalam Organisasi dan Kepemimpinan’ yang berlangsung pada Kamis (6/6) di Auditorium Gedung Damar Tel-U. Acara ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Sumber Daya, Dr. Henry Christiadi, yang menekankan pentingnya pemahaman tentang intelijen dalam berbagai aspek kehidupan.

Dalam sambutannya, Dr. Henry Christiadi menyatakan bahwa ilmu intelijen sangat penting bagi mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan analisis dan wawasan strategis yang mendalam.

“Ilmu intelijen memberikan manfaat besar bagi mahasiswa dan kehidupan bermasyarakat. Melalui pemahaman tentang organisasi intelijen, kegiatan intelijen, dan produk intelijen, mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan analisis yang tajam dan wawasan strategis yang mendalam. Pengetahuan ini tidak hanya berguna di dunia kerja, tetapi juga dalam berkontribusi positif terhadap masyarakat dengan memahami dan mengantisipasi dinamika yang terjadi di sekitar kita,” ujarnya.

Kuliah umum ini menghadirkan Anggota Dewan Analis Strategis Badan Intelijen Negara (BIN), Drs. Yohanes Wahyu Saronto, M.Si., sebagai pembicara utama. Yohanes menyampaikan bahwa ilmu yang akan disampaikan di kuliah umum ini insyaallah akan bermanfaat saat bekerja dan bermasyarakat. Dalam presentasinya, ia menjelaskan tiga pendekatan utama dalam dunia intelijen:

  1. Organisasi Intelijen: Struktur dan fungsi organisasi intelijen dalam mendukung keputusan strategis.
  2. Kegiatan Intelijen: Proses dan metodologi yang digunakan dalam pengumpulan dan analisis informasi.
  3. Produk Intelijen: Hasil akhir dari analisis intelijen yang digunakan untuk pengambilan keputusan.

Acara ini dimoderatori oleh Dr. Runik Machfiroh, Ketua Digital Collaboration for Sustainability, yang juga berperan aktif dalam diskusi dan tanya jawab yang interaktif. Beliau menyampaikan wawasan mengenai ilmu intelijen ini tidak hanya bermanfaat saat bekerja di bidang terkait, tetapi juga sangat relevan dalam kehidupan sehari-hari untuk mengembangkan keterampilan strategis dan responsif terhadap dinamika yang terjadi di masyarakat.

Melalui kuliah umum ini, diharapkan mahasiswa Tel-U dapat memperoleh wawasan yang berharga tentang peran intelijen dalam organisasi dan kepemimpinan, serta menerapkan pengetahuan tersebut dalam kehidupan sehari-hari dan karier profesional mereka.

Penulis: Abdullah Adnan | Editor: Adrian Wiranata | Foto: Public Relations

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *