10 Sep 2019

Telkom University Siap Transformasi Digital Desa Potensi Wisata di Sumedang

 
(8/9) Sumedang, Gedung Negara – Melihat potensi yang dimiliki oleh kabupaten Sumedang, pemerintah kabupaten Sumedang berkeinginan untuk melakukan transformasi digital pada desa-desa yang memiliki potensi wisata di Sumedang. Khususnya desa yang ada disekitar Waduk Jatigede.
 
Dalam waktu dekat transformasi yang akan dilakukan seputar pembuatan website desa untuk mempromosikan wisata serta menumbuhkan roda perekonomian masyarakat sekitar. Telkom University dipilih sebagai kampus yang akan membantu Pemerintah Kabupaten Sumedang dalam mendigitalisasi wilayah potensi wisata di Sumedang.
 
Ditemui di Gedung Negara, Bupati Sumedang, H. Doni Ahmad Munir S.T, M.M. mengungkapkan bahwa kehadiran Telkom University ke pelosok desa wisata di Sumedang untuk melakukan survei menjadi motivasi bagi pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan mensejahterakan masyarakat. 
 
“Kami menyambut baik kerjasama yang akan dilaksanakan dengan PemKab yang diharapkan bermanfaat bagi kedua belah pihak. Kita ingin betul transformasi digital ini dilaksanakan di Sumedang. Tanpa melakukan hal tersebut akan sulit merubah tatanan lain secara signifikan” ungkap Bupati.
 
Rektor Telkom University, Prof. Dr. Adiwijaya mengatakan bahwa Telkom University ingin dikenal juga dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. “Banyak hal yang bisa kami lakukan disini, mungkin semacam augmented reality, diorama, dan sejenisnya. Sembari gowes menyusuri beberapa desa di Sumedang ini kami juga membawa tim dosen dari beragam fakultas dan unit untuk menggali potensi disini” ungkap Adiwijaya.
 
Telkom University bersama Pemerintah Kabupaten Sumedang mencanangkan kerjasama di bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat. Khususnya dalam pengembangan beberapa desa wisata di sekitar Waduk Jatigede untuk menerapkan transformasi digital agar potensi wisata di Sumedang lebih berkilau dimata dunia. Kerjasama ini ditandai dengan ditandatanganinya MoU oleh Rektor Telkom University, Prof. Dr. Adiwijaya dengan Bupati Kabupaten Sumedang, H. Doni Ahmad Munir, S.T, MM.