06 Jun 2016

Tim Roobics Tel-U Raih Juara 3 KRAI

SURABAYA, TEL-U -Kontes Robot Indonesia (KRI) 2016 yang diselenggarakan oleh Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) mencapai puncaknya pada hari Sabtu (4/6). Kompetisi yang dimulai sejak tanggal 1 Juni di Supermal Surabaya Convention Center (SSCC) tersebut melahirkan juara dari kelima kategori yang dilombakan. Salah satu juara tersebut adalah Tim Roobics dari Telkom University yang berhasil meraih Juara 3 dalam kategori Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI).

Eco-robot Black Pearl dan hybrid-robot Humpback adalah robot yang membawa Tim Roobics meraih gelar juara. Dua robot ini dikembangkan oleh Hendriadi Mukri (Teknik Telekomunikasi 2013), Andri Dwi Septian (Sistem Komputer 2014), Eduardus Antoni Setyawan (Teknik Elektro 2014), Alyani Durrah Fauzan (Teknik Elektro 2014), Khikmah Nur Dwi Nofanti (Teknik Elektro 2013), dan Robby Yanuar Setiadi (Teknik Elektro 2014).

Pada kategori ini, kedua tim diharuskan menyelesaikan pertandingan  dalam waktu maksimal tiga menit. Setiap tim harus menyelesaikan pertandingan dengan melintasi zona lintasan dan memasangkan propeller di zona terakhir. Kerjasama yang apik antara eco-robot dan hybrid-robot sangat diperlukan untuk menyelesaikan misi ini.

Tim Roobics tampil gemilang sejak dalam babak penyisihan. Hanya saja, pada tahap semifinal Tim Roobics harus rela kalah oleh tim dari Politeknik Jember. Tim Politeknik Jember berhasil menyelesaikan misi lebih cepat daripada tim Roobics.

Pada babak perebutan juara 3, pertandingan berlangsung seru antara Telkom University dan Universitas Jember. Kedua tim sama-sama berhasil sampai di zona terakhir dan mengambil propeller dari eco-robot. Tetapi kedua tim sama-sama tidak berhasil menyelesaikan misi untuk memsang propeller pada pole di zona terkahir hingga waktu pertandingan habis. (purel/EAD)

Previous Article Next Article

Leave a Reply