11 Jun 2015

Tim SES Tel-U Wakili Jabar Menuju Kompetisi Tingkat Nasional

BANDUNG, TEL-U – Tim debat Bahasa Inggris SES Telkom University berhasil meraih peringkat tiga dalam kejuaran National University Debating Championship (NUDC) yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) 18 – 20 Mei 2015 lalu di Universitas Widyatama Bandung.

Dengan begitu, delapan tim dengan peringkat dan nilai terbesar akan dikirim menuju kompetisi tingkat nasional yang akan diselenggarakan pada Agustus mendatang. Di sana, tim akan berlaga melawan perwakilan kopertis wilayah lain untuk memperebutkan tempat menjadi tim yang akan dikirim ke tingkat internasional World University Debating Championship di Thessaloniki Yunani.

Tim Tel-U yang beranggotakan Ranna Artha Jayanti (MBTI Interasional) dan Ryan Aminullah berhasil mencapai babak Grand Final dengan memperdebatkan mosi “This House Supports Vatican’s Recognition of Palestine as a State”.

Menurut Ranna, lomba yang diikuti oleh 31 tim dari berbagai perguruan tinggi di Jawa Barat tersebut menggunakan sistem British Parliamentary. Setiap sesi pada sistem ini terdiri dari 4 tim yang masing-masing beranggotakan 2 orang dan dibagi menjadi opening debate dan closing debate. “Dalam lomba ini, terdapat tiga babak preliminary dimana setiap tim mengumpulkan poin, kemudian dipilih 16 tim menuju babak penyisihan,” katanya.

Dalam lomba tersebut, Ranna Artha Jayanti juga berhasil menjadi pembicara terbaik ke-4 dan Ryan Aminullah meraih peringkat ke-8 terbaik dari seluruh peserta lomba. Selain itu, dalam lomba ini Ida Salina Ginting, mahasiswi Prodi Kriya Tekstil dan Mode Fakultas Industri Kreatif juga masuk dalam 6 besar skor tertinggi sebagai N1 Adjudicator dengan meraih urutan ke lima.

Ranna menuturkan, mengikuti kompetisi debat merupakan sebuah pengalaman yang berharga untuk dapat merasakan lingkungan kerja yang sebenarnya. “Dalam lomba, kita dituntut untuk beripikir analitis, memberikan respon secara cepat, dan melakukan riset dengan benar untuk menyelesaikan suatu persoalan yang harus selesai sesuai dengan tenggat waktu yang ditentukan,” ujarnya. (Purel/EAD/SilaSES)

Previous Article Next Article

Leave a Reply