10 Aug 2015

Tim Tel-U Juara 3 National University Debate Championship

BANDUNG, TEL-U – Mahasiswa-mahasiswi Telkom University (Tel-U) lagi-lagi menorehkan prestasi dalam kompetisi debat. Kali ini Tim Tel-U yang terdiri dari Ryan Aminullah (Teknik Telekomunikasi 2013), Ranna Artha Jayanti (MBTI Internasional 2012) dan Ida Salina Ginting (Kriya Tekstil dan Mode 2013), berhasil meraih juara 3 National University Debate Championship (NUDC) tingkat Jawa Barat.

Selain menjadi juara tiga, salah satu personel tim ini, Ryan, juga berhasil menyabet predikat The Best Speaker pada kompetisi ini.

“Sebelum menuju ke Nasional diadakan dulu seleksi tingkat provinsi. Untuk Jawa Barat, tahun ini diselenggarakan di Universitas Widyatama pada tanggal 18-20 Mei lalu. Di tim, saya dan rekan saya Ranna bertugas sebagai debater, sedangkan Ida bertugas sebagai Adjudicator,” kata Rian, akhir pekan lalu.

Ryan menambahkan, ada 3 babak penyisihan yang harus mereka lalui. Kemudian, seperempat final sampai grand final. Saat itu tim Tel-U berhasil mendapat nilai konstan di setiap babak penyisihan. Setelah berjuang melewati tantangan lomba, tim bisa lolos ke quarter final sampai grand final melawan kontestan dari perguruan tinggi lain seperti UPI, ITB dan Unpad. “Akhirnya tim UNPAD memperoleh juara pertama, ITB memperoleh juara kedua dan kami juara ketiga.

“Tidak ada tema spesifik dari keseluruhan lomba. Namun di setiap rondenya tema debat berbeda-beda, seperti perang dan hubungan internasional pada tahap grandfinal, sedangkan tema pengungsi Rohingya diangkat pada babak penyisihan ketiga,” tutur Ryan.

Bagi Ryan, saat mengikuti lomba debat ini, yang terpenting adalah mampu berpikir kritis dan cepat. Ketepatan dalam membangun argumen yang tepat juga sangat penting dalam menjatuhkan kelemahan argumen lawan. Setiap argumen yang disampaikan harus dielaborasi agar kuat dan sulit dijatuhkan lawan.

Mereka kini tengah mempersiapkan diri untuk bertanding untuk final tingkat nasional yang akan berlangsung di Pontianak, Kalimantan Barat pada tanggal 19-24 Agustus mendatang. National University Debate Championship (NUDC) merupakan acara yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti). (purel/risca)

Previous Article Next Article

Leave a Reply