06 Nov 2015

Tumbuhkan Jiwa Kepedulian Sosial Melalui Aksi Perduli Desa

BANDUNG, TEL-U – Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Bisnis (BEM FKB) melalui Departemen Pengabdian Masyarakatnya melaksanakan kegiatan Aksi Peduli Desa yang diselenggarakan di Desa Suntenjaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Kegiatan ini terbagi menjadi dua sesi, yang pertama pada tanggal 25 September 2015 dan yang kedua pada tanggal 30 Oktober 2015 hingga 1 November 2015.

Pada sesi pertama, kegiatan Aksi Peduli Desa dimulai dengan perbaikan musholla yang menjadi fasilitas warga desa Suntenjaya. Acara kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Penyuluhan Kewirausahaan yang bertujuan untuk berbagi ilmu dengan warga desa yang memiliki Usaha Mikro Kecil Menengah (UKM) tetapi masih terkendala dalam bidang pemasarannya.

UKM yang dimiliki oleh warga di antaranya adalah UKM limbah plastik daur ulang, limbah ternak, limbah kayu, dan usaha makanan kecil. Untuk memberikan penyuluhan kepada UKM, panitia menghadirkan pembicara dari pihak dosen FKB yaitu Cut Irna Setiawati, S.A.B., MM dan R. Nurafni Rubiyanti, S.MB., MBA.

Penyuluhan ini mendapatkan apresiasi yang baik dari warga desa serta peserta yang hadir. Penyuluhan tersebut diharapkan dapat membantu perkembangan pemasaran usaha warga desa Suntenjaya serta mampu melatih kepekaan juwa sosial kemasyarakatan mahasiswa FKB dalam kegiatan pengabdian masyarakat.

Sementara itu, sesi kedua terbagi menjadi berbagai rangkaian kegiatan. Kegiatan yang pertama adalah pembagian orang tua asuh kepada para panitia dan volunteer. Pembagian orang tua asuh ini bertujuan agar panitia dan peserta bisa mengenal dan mengikuti kegiatan keseharian orang tua asuh mereka. (PurelEAD/BEM-FKB)

Previous Article Next Article

Leave a Reply