05 May 2014

UKM Jurnalistik Deklarasikan “AKSARA”

Bandung, Tel-U – Unit Kegiatan Mahasiswa di lingkungan Telkom University mulai bersatu. Salah satunya UKM Jurnalistik yang mengumumkan penggabungannya menjadi AKSARA. Deklarasi penggabungan tersebut berlangsung pada Minggu (04/05) malam di Gedung Serba Guna Fakultas Informatika. Acara tersebut dihadiri oleh Wawan Anwar, Direktur Kemahasiswaan serta undangan dan peserta lainnya yang berjumlah lebih dari 400 mahasiswa dan umum.

AKSARA dahulu berasal dari dua fakultas yang berbeda dengan nama yang berbeda pula, yaitu Masyarakat Jurnalistik (Masjur) Telkom yang berasal dari Fakultas Teknik dan Jurnalistik IMT yang berasal Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Penggabungan ini berdasarkan komitmen bersama menindaklanjuti Surat Keputusan Wakil Rektor IV yang mengharuskan adanya Unit Kegiatan Mahasiswa di lingkungan Telkom University. Maka untuk tetap berdiri menjadi sebuah UKM di bidang jurnalistik, Masjur dan Jurnalistik IMT sepakat untuk bergabung.

Ketua AKSARA Tel-U, Oki Maulana, menyampaikan alasan dibalik pemilihan nama AKSARA. Menurutnya, AKSARA diambil dari Kamus Besar Bahasa Indonesia yang berarti kata. “Aksara sesuai KBBI artinya kata. Di UKM ini, setiap anggotanya adalah sebuah kata yang bila digabungkan akan menjadi kalimat yang indah. Untuk itu kita bergabung menjadi satu,” ujar Oki saat diwawancarai di sela-sela acara.

Mahasiswa Teknik Fisika 2011 itu berharap deklarasi penggabungan ini menjadi ajang sosialiasi tentang keberadaan AKSARA yang menjadi wadah bagi mahasiswa Tel-U yang tertarik di bidang jurnalistik. Selain itu, Oki berharap organisasi mahasiswa (ormawa) lain mengikuti langkah AKSARA untuk mendeklarasikan penyatuan UKM. “Saya berharap langkah kita ini dapat diikuti oleh ormawa lain yang berada di Tel-U untuk bergabung,” tegas Oki.

Sementara itu, Direktur Kemahasiswaan Wawan Anwar dalam sambutannya menyampaikan dukungan kepada AKSARA. Ia mewakili Rektor dan Wakil Rektor IV untuk menyaksikan deklarasi penggabungan tersebut. “Peleburan dilakukan untuk menciptakan semangat persatuan dan meningkatkan semangat kreativitas. Keterbatasan waktu, sarana dan pikiran jangan dijadikan hambatan, saya berharap AKSARA dan UKM lain di Tel-U tetap berkreativitas. Akan kami dukung sepenuhnya kegiatan kalian,” jelas Wawan dihadapan hadirin yang memenuhi GSG Tel-U.

Tema acara yang diusung panitia adalah Soul of Independence. Memeriahkan acara ini ada pula hiburan dari teater dan The Vow band yang berasal dari Tel-U. Serta ada bintang tamu Stand Up Comedian terkenal, Ernest Prakasa. (KomPro/DH)

Previous Article Next Article

Leave a Reply