5.1 Asrrama

Telkom University setiap tahunnya menerima mahasiswa baru mencapai 7.000 mahasiswa, dimana pada tahun pertama seluruh mahasiswa baru akan masuk kedalam asrama Telkom University yang mampu menampung seluruh mahasiwa baru Te-U. Asrama Telkom University diperuntukan untuk mahasiswa angkatan pertama, dengan maksud melengkapi program belajar mengajar di Telkom University, Telkom Foundation memberlakukan kebijakan dengan menyediakan asrama bagi mahasiswa/i baru untuk tempat tinggal selama 1 (satu) tahun pertama, asrama Tel-U sendiri berjumlah 18 gedung dimana 10 gedung pria dan 8 gedung wanita, dalam 1 kamar asrama ditempati 2 sampai 4 orang, dimana fasilitas yang ada dikamar adalah, kasur beserta bantal dan guling, meja belajar, dan kamar mandi didalam kamar, sedang kan untuk fasilitas disetiap lantainya disediakan 1 set sofa, televisi, serta dapur.

Sedangkan untuk fasilitas disekitar gedung asrama terdapat, dormitory hall sebgai tempat mahasiwa untuk mengadakan acara, mushola, fasilitas olahraga, kantin, laundry, dan polyclinic. Dalam kehidupan asrama diberikan pembinaan dasar-dasar kepribadian guna pembentukan karakter bagi mahasiswa/i baru yang didasarkan pada semangat kebersamaan, nasionalisme, iman, dan taqwa. Banyak kegiatan yang diselenggarakan selama mahasiswa berada diasrama, salah satu kegiatan yang rutin digelar adalah Dorm ID, dimana dalam kegiatan ini masing-masing penghuni kamar diharuskan membuat kartu identitas pribadi maupun per kamar yang dikreasikan sesuai kreatifitas masing-masing dan kemudian ditempelkan pada pintu kamar masing-masing. Selain itu ada juga kegiatan berupa Dormitory Food Festival dimana akan ada beragam kuliner dari seluruh nusantara dipamerkan dan Gratis.

5.2 Open Library

Fasilitas penunjang akademik Telkom University antara lain adalah Perpustakaan, perpustakaan Telkom University mengusung konsep “Open Library” sejak tahun 2014 didukung oleh pengembangan teknologi informasi sistem perpustakaan, untuk senantiasa meningkatkan layanan, database, dan koleksi perpustakaan, ada 3 pokok pemikiran dalam pengembangan konsep tersebut, diantranya adalah :

  1. Open untuk menerima semua jenis knowledge
  2. Open untuk berbagi knowledge dengan knowledge management lain
  3. Open untuk siapa pun yang ingin belajar

Open Library Telkom University telah terakreditasi A dari Perpustakaan Nasional RI pada tahun 2015, selain itu pustakawan Telkom University setiap tahun nya berhasil meraih predikat pustakwan berprestasi baik dari Jawa Barat maupun dari Perpustakaan Nasional RI. Open Library Telkom University juga menyediakan jurnal-jurnal yang telah terakreditasi Internasional serta jurnal hasil hibah dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Memiliki ruangan yang “Instagramable” membuat Open Library selalu ramai dikunjungi baik dari sivitas akademika Telkom University maupun masyarakat sekitar, karena didalam Open Library disediakan pula refreshmen corner dimana para pengunjung dapat menikmati kopi gratis dan beberapa snack, sehingga menjadikan perpustakaan Telkom University sebagai tempat yang asik buat belajar atau sekedar membaca koleksi buku.

Selain itu fasilitas lain yang disediakan di Open Library adalah adanya ruang diskusi yang nyaman, ratusan koleksi multimedia yang bisa dinikmati disana serta adanya mini theater apabila proses belajar mengajar ingin dilaksanakan disana.

5.3 Gedung Kuliah

Saat ini tercatat lebih dari 30.000 student body dari 32 program studi dan 7 fakultas yang ada di Telkom University. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Telkom University memiliki 20 gedung perkuliahan yang tersebar di luas lahan 50 hektar di Kawasan Bandung Techno Plex, empat diantaranya terletak di kampus Gegerkalong untuk program studi magister. Semua gedung diberikan nama uniknya, semua gedung diberi nama pulau-pulau terluar di Indonesia.

Setiap ruang perkuliahan di Telkom University didesain senyaman mungkin, dengan pencahayaan sinar matahari yang cukup dan sirkulasi udara yang baik. Setiap gedung kuliah dilengkapi Air Conditioner (AC), Perkuliahan yang berbasis Multimedia dengan WiFi yang tersebar diseluruh area kampus. Pemaparan materi dosen menggunakan LCD Proyektor untuk menunjang kelancaran perkuliahan.

Telkom University juga memiliki gedung 10 lantai, yang dibangun khusus untuk mata kuliah umum di semester awal. Gedung yang akrab disebut Tokong Nanas ini didalamnya memiliki fasilitas penunjang seperti, tersedia ruang multimedia di setiap lantai, kolam renang, tersedia juga lapangan futsal dan volly.

5.4 Student CenterFasilitas penunjang kegiatan mahasiswa yang tergabung dalam UKM berlangsung di student center Telkom University, SC (Student Center) biasanya menjadi  tempat UKM untuk berlatih, sekaligus menjadi tempat untuk menggelar kegiatan positif yang diadakan oleh UKM atau mahasiswa Tel-U pada umumnya.

5.5 Fasilitas Olahraga

Fasilitas olahraga yang disediakan oleh Telkom University untuk seluruh sivitas akademika sangat lengkap, mulai dari kolam renang, lapangan futsal, lapangan tenis, lapangan basket, voli, hingga fitness center. Seluruh fasilitas tersebut disedikan Gratis untuk seluruh mahasiswa, dosen dan staff di Telkom University.

5.6 Sepeda dalam Kampus

Sebagai perguruan tinggi yang masuk dalam 10 besar kampus hijau di Indonesia, menjadikan Telkom University focus akan suasana lingkungan kampus yang sehat dan asri. Memiliki luas lahan mencapai 50ha, membuat telkom university harus bisa menyiapkan akomodasi penunjang agar memudahkan seluruh sivitas akadeika telkom university dalam beraktifitas, salah satu nya adalah sarana transportasi.

Di telkom university disediakan fasilitas sepeda kampus berbasis aplikasi yang bisa digunakan oleh seluruh dosen, mahasiswa dan staff dalam berkegiatan dilingkungan Telkom University.

5.7 Internet dan Sisfo

Sebutkan tentang jumlah bandwith, free internet dalam lingkungan kampus melalui hotspot. Ceritakan juga tentang keunggulan Direktorat Sisfo bahwa aplikasi i-Gracias lengkap, dipakai di universitas lain juga.

Sebagai kampus yang memanfaatkan ICT (Information Communication & Technology) menjadikan telkom university harus siap menunjang seluruh kebutuhan dalam bidang ICT dan keterbukaan informasi seluas-luasnya. Salah satu fasilitas yang diberikan telkom university untuk seluruh sivitas akademika adalah adanya free internet dengan bandwidth mencapai 1.5 GB dan seluruh koneksi internet tersebut dapat di nikmati diseluruh lingkungan telkom university.

Di Telkom University pemanfaatan ICT berbasis aplikasi juga diterapkan melalui aplikasi i-Gracias (Integrated Academic Information System), dimana aplikasi tersebut mampu menunjang seluruh kegiatan mahasiswa , dosen, pegawai hingga orangtua mahasiswa.

i-Gracias sendiri adalah : aplikasi yang menyediakan layanan bagi seluruh civitas akademik Telkom University terkait kebutuhan akademik dan non akademik. i-Gracias menggunakan sistem single-sign-on dimana hanya dengan menggunakan satu akun, user dapat menggunakan berbagai macam aplikasi.

Igracias bagi mahasiswa akan menyediakan fasilitas mulai dari kurikulum, pembayaran, registrasi perwalian, presensi, e-learning, geladi, penelitian, tugas akhir, nilai, wisuda hingga manajemen survey, aplikasi igracias akademik yang diperuntukan untuk mahasiswa ini bahkan bisa dimanfaatkan sejak mahasiswa baru masuk atau saat mahasiswa baru registrasi.

Untuk igracias yang bisa dimanfaatkan oleh orang tua mahasiswa, aplikasi ini mampu membantu para orang tua melihat perkembangan anak-anaknya melalui aplikasi ini, dimana para orang tua akan bisa memantau anaknya saat ini sedang belajar mata kuliah apa, tingkat kehadiran, hingga perkembangan akademiknya.

Sedangkan pemanfaatkan igracias untuk dosen dan pegawai adalah dengan adanya aplikasi Aplikasi BKD-BKND (Beban Kerja Dosen – Beban Kerja Non Dosen) yang terdapat di igracias, aplikasi ini akan memfasilitasi setiap pegawai dalam lingkup kampus Universitas Telkom untuk memantau pencapaian kinerjanya dengan tolak ukur perhitungan penilaian yang baku. Secara otomatis, diperlukan tindakan nyata setiap pengguna aplikasi sehingga alur proses kegiatan dapat berjalan dengan baik. Adapun pengguna aplikasi yang terlibat yaitu pegawai Universitas Telkom di setiap unit, prodi, fakultas hingga pimpinan institusi, dengan klasifikasi sebagai pegawai struktural, dosen dan TPA.