31 Oct 2018

2018 Career Days: Sebuah Acara untuk Perusahaan dan Siswa untuk saling beradaptasi

Bandung, Telkom University – Tepat pukul 10.00 WIB (25/10), puluhan alumni dari berbagai perguruan tinggi di Bandung mulai menggebrak Gedung Manterawu Universitas Telkom. Para lulusan baru menerima informasi melalui media sosial tentang acara Career Day ke 14 yang diselenggarakan oleh Career Development Center (CDC) Universitas Telkom.

Sama seperti tahun sebelumnya, Hari Karir ini diikuti oleh puluhan industri yang memberi lulusan baru peluang untuk mendapatkan pekerjaan pertama mereka. Selain itu, seperti yang diungkapkan oleh Wakil Rektor 3 Dr. Dida Dyah Damayanti, peserta juga dapat mengikuti tes profiling dan konseling karir.

Tiga Mahasiswa Telkom University menjuarai acara Konferensi Ekonomi Islam (PIES) Padjadjaran pada 26-28 Oktober. Mereka adalah mahasiswa Fakultas Teknik Industri jurusan Teknik Industri yang terdiri dari Nadya Saniyya Ramadhanti, Febryan Khoirun Yusuf, dan Venando M. Nur Amrulloh.

Diwawancara melalui WhatsApp, Nadya menjelaskan bahwa tahun ini PIES mengusung tema Mengoptimalkan Ekonomi Mikro dan Ekonomi Kreatif. Salah satu kategori kompetisi adalah Rencana Bisnis. Nadya dan tim memenangkan tempat kedua dalam kategori ini.

Tentu saja tidak mudah untuk mencapai babak final, serangkaian pilihan harus dilalui hingga akhirnya dapat menyajikan rencana bisnis di depan juri. “Selama presentasi di hadapan juri, kami mempresentasikan ide-ide yang dirancang dan hasil analisis ekonomi dari produk yang dibuat.” Kata Nadya.

Persiapan yang dibuat oleh Nadya dan tim untuk melakukan penelitian tentang produk yang dibuat. Mereka membuat Jinney, makanan yang terbuat dari Black Cumin dan Honey, dicampur dengan daun Stevia yang membuat campuran makanan yang bermanfaat bagi tubuh. “Selain melakukan penelitian, kami juga melakukan analisis keuangan dan kemudian membuat produk yang telah diteliti”.

Pada acara ini, Telkom University harus bersaing dengan universitas terkenal lainnya seperti Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjajaran, Universitas Gajah Mada, UNHAS, Institut Pertanian Bogor, dan Universitas Pendidikan Indonesia. Hebatnya, Telkom University adalah satu-satunya universitas swasta yang lolos sebagai finalis.