05 Dec 2018

Pameran Karya Mahasiswa Fakultas Industri Kreatif, Bentuk Dukungan UMKM di Kabupaten Bandung

Fakultas Industri Kreatif (FIK) Telkom University menggelar Collective Passion Art & Design (COPASS 2.0) di Gd. Manterawu pada Senin, (3/12). Ini merupakan pameran karya mahasiswa Studio 3 dan Studio 5 dari Program Studi Manajemen Desain.

Event ini bertujuan untuk memperkenalkan hasil karya mahasiswa FIK untuk dilihat khalayak luas. Bahwa tugas mahasiswa bukan sekedar tugas di kelas, tapi dapat menjadi peluang usaha kecil menengah. Beberapa bahkan ada yang telah bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bandung serta Asosiasi Pengusaha.

Karya yang dipamerkan pada event ini ada sekitar 28 karya dari kelompok studi V dan 16 karya dari kelompok studio III. Pameran ini menarik cukup banyak perhatian, terlihat dari antusias mahasiswa Tel-U yang mengunjungi event ini sejak pagi hari. Tidak sedikit juga mahasiswa dari kampus lain yang tertarik melirik karya mahasiswa Telkom University.

Turut hadir Dekan FIK, Dr. Didit Widiatmoko yang mengapresiasi jalannya acara ini. “Mengingat Tridharma Pendidikan Tinggi tidak hanya pengajaran, penelitian, namun juga pengabdian kepada masyarakat. Salah satunya berupa pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan hasil perancangan desain produk.” ungkapnya.

Perwakilan dari Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Bandung juga melihat langsung karya mahasiswa, mereka adalah Seksi Pemberdayaan Usaha Koperasi, Rudi Purwanto,ST.,MM., dan Kepala Bidang Pengembangan Pemberdayaan Usaha Koperasi Drs. Usman Karyana.

Pemerintah diharapkan mampu menjembatani antara pelaku UMKM dan warga akademik melalui acara ini. Sehingga Tridharma Pendidikan Tinggi bisa tercapai, dan mahasiswa memiliki dampak positif bagi masyarakat sekitar.