18 Jan 2019

Dr. Warih Maharani: Sistem Peringkasan Opini Mudahkan Pengguna Internet Dalam Pengambilan Keputusan

Dosen Fakultas Informatika, Dr. Warih Maharani, ST., MT. berhasil meraih gelar doktor di bidang Informatika yang berlangsung pada Kamis, (10/1/19) di Gedung ANNEX, CCAR Institut Teknologi Bandung. Warih Maharani meraih gelar doktor dengan disertasi berjudul “Ekstraksi, Kategorisasi, dan Peringkasan Opini Berbasis Aspek”.

Menurutnya, penelitiannya ini bertujuan untuk mengembangkan sistem peringkasan opini berbasis aspek, yang mencakup 3 kontribusi utama, yaitu: (1) pengembangan metode ekstraksi aspek dan sentimen; (2) pengembangkan metode kategorisasi aspek berbasis semantic terdistribusi; (3) pengembangan metode pembangkitan ringkasan opini, yang mencakup: metode perhitungan rating berbasis aspek, visualisasi rating, dan kontribusi pemodelan kriteria sistem rating.

Warih melanjutkan roadmap penelitian di bidang sentiment analysis, yang telah dimulai sejak tahun 2011 dengan mengikuti skema-skema hibah penelitian DIKTI. Melihat perkembangan internet yang semakin pesat, setiap orang dapat mengemukakan dengan bebas tentang opini/ulasan di internet. Namun menurutnya, kita tidak mungkin membaca seluruh ulasan yang ada di internet. Oleh karena itu diperlukan sistem peringkasan opini yang dapat memudahkan pengguna untuk membaca dan memahami keseluruhan ulasan tersebut.

Sejauh ini, Ada 5 makalah ilmiah yang telah Warih seminarkan pada konferensi internasional IEEE dan terindeks Scopus, 1 hasil penelitiannya telah dipublikasikan di jurnal internasional terindeks Scopus Q3, dan tiga makalah yang saat ini sedang dalam proses review di tiga jurnal terindeks Scopus Q2 yaitu jurnal IEEE Intelligence System, jurnal Elsevier Electronic Commerce Research and Applications, dan jurnal Computational Intelligence.

Metode yang dikembangkan dalam disertasi ini dapat diadaptasikan ke bahasa Indonesia sehingga dapat bermanfaat bagi pengguna ulasan berbahasa Indonesia. Warih berharap dengan adanya sistem peringkasan opini berbasis aspek ini adalah dapat semakin memberikan kemudahan, baik untuk konsumen ataupun industri untuk memahami seluruh ulasan yang ada, sehingga dapat membantu dalam pengambilan keputusan.

“Institusi telah menyediakan dukungan baik berupa sarana dan prasarana untuk mendukung penelitian yang dilakukan, antara lain akses ke jurnal bereputasi dan terindeks scopus, serta fasilitas lab. Bentuk dukungan lain yang telah diberikan dan mungkin dapat dikembangkan ke depannya adalah berupa workshop penulisan jurnal untuk semakin mendukung publikasi ke jurnal bereputasi (minimal Q2).”