29 Apr 2019

Belajar Bahasa Inggris Menjadi Menyenangkan dengan Board Games

Pengabdian Masyarakat (ABDIMAS) merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh dosen Telkom University. Salah satu tim dosen Fakultas Rekayasa Industri mengusung tema abdimas FUN WITH ENGLISH. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama antara MGMP Guru Bahasa Inggris SMP Kota Bandung dan KK Engineering Management Fakultas Rekayasa Industri. Masyarakat sasaran merupakan guru SMP serta siswa di Bandung. Kegiatan ini diawali dengan workshop pengenalan metode ajar untuk guru-guru Bahasa Inggris  bertempat di aula SMPN 45 Bandung. Kegiatan ini diikuti oleh guru-guru dari  16 SMP dan MTS di kota Bandung.

Sebelum kegiatan dimulai, Ketua KK Engineering Management, Dr. Ir. Endang Chumaidiyah, M.T. memberikan sambutan dan dukungan keberlanjutan kegiatan ini. Sebagai perwakilan MGMP Guru Bahasa Inggris Kota Bandung, Dra. Hj. Tini Hastini, M.M. menghimbau agar dosen Universitas Telkom berbagi pengalaman dan pengetahuan terkait metode pengajaran bahasa Inggris yang aktif, komunikatif, dan interaktif.

Pada workshop tersebut diajarkan cara mengembangkan metode ajar untuk melatihan kosa kata baru dan percakapan sederhana dengan menggunakan metode permainan (Board Games). Pengenalan Metode Ajar Bahasa Inggris yang disampaikan oleh Retno Hendryanti, Ph.D. dan Ima Normalia Kusmayanti, M.Pd. mendapatkan antusiasme yang tinggi dari peserta workshop. Kegiatan ABDIMAS ini dikembangkan ketahap selanjutnya. Rancangan Board Games disesuaikan dengan tema yang akan diajarkan di kelas bahasa ingris. Tim dosen membantu para guru merancang kartu-kartu dalam permainan Board Games ini. Visualisasi Board Games juga dibuat semenarik mungkin agar mendorong minat generasi milineal untuk belajar bahasa ingris dalam permainan yang seru dan menarik. Rancangan Board Games ini dikembangkan oleh Ima Normalia Kusmayanti, M.Pd., Devi Pratami, M.T., dan Ika Arum Puspita, M.T.

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan ABDIMAS, Board Games secara simbolik telah diserahkan kepada Kepala Sekolah SMP 45 Bandung pada tanggal 15 Maret 2019.  Untuk bermain dengan Board Games, siswa akan dibagi mejadi beberapa kelompok, permainan ini mengadopsi permainan monopoli dimana terdapat kartu (merah dan biru), dadu, dan pion. Kartu merah dan biru berisi tantangan yang harus dijawab oleh anggota permainan. Setiap pemain harus menggunakan bahasa Ingris dalam berkomunikasi dan menjawab setiap tantangan. Tantangan yang diberikan terkait dengan materi pembahasan kelas Bahasa Ingris.

Saat ini guru bahasa Ingris di SMP 45 sudah menerapkan metode belajar dengan menggunakan Board Games di kelas. Suasana belajar menjadi lebih menyenangkan. Siswa SMP sangat menyukai permainan ini, selain mereka merasakan keseruan dalam bermain mereka juga telah melatih kemampuan bahasa ingris dalam hal pengayaan kosa kata, percakapan, serta menumbuhkan keinginan belajar bahasa ingris secara mandiri maupun berkelompok.