01 Aug 2019

Puluhan Mahasiswa Tel-U Melalui Creativity Station Bantu Berikan Solusi Kepada Masyarakat

BANDUNG, Telkom University – Selama 10 hari kedepan sejak tanggal 31 Juli hingga 9 Agustus 2019, 10 orang mahasiswa Telkom University (Tel-U) akan mengikuti kegiatan Creativity Station 2019 di daerah Gambung, Jawa Barat.

Creativity Station merupakan kegiatan rutin di bawah Beyond Engineering Education (BEE) Project yang digelar Pusan National University (PNU) dan Ministry of Trade, Industry and Energi Korea Selatan yang bekerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi Indonesia dan Korea. Dimana akan ada 24 orang mahasiswa Korea, 10 orang mahasiswa Telkom University dan 13 dari 3 perguruan tinggi lain di Indonesia.

Kegiatan yang rutin di gelar sejak 2010 ini merupakan kegiatan dalam proses pembelajaran kepada mahasiswa melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat (Engineering Services Learning). Dimana, mahasiswa diberikan tanggung jawab untuk mencari permasalahan dari Usaha kecil dan Menengah (UKM) di masyarakat dan harus mampu menawarkan solusi atas permasalahan tersebut dalam bentuk sebuah produk yang siap pakai.

Rektor Telkom University Prof. Adiwijaya saat membuka acara ini di Pusat Riset Teh dan Kina Gambung, Selasa (31/7), menjelaskan bahwa kolaborasi ini bertujuan untuk menyelesaikan problem yang ada di masyarakat, dimana mahasiswa nantinya akan melihat problem secara langsung, memikirkan solusi sederhana hingga membuat solusi tersebut agar bisa diterapkan di masyarakat.

“Solusi yang akan mahasiswa kita tawarkan adalah bagaimana mengoptimalkan guna perkembangan ekonomi disini melalui alat bantu sederhana, karena kita tahu bahwa disni terkenal dengan Teh dan Kina yang juga merupakan value dari Indonesia.” Ucapnya.

Adiwijaya menambahkan kerjasama yang terjalin antara Telkom University dengan Pusan University tidak hanya disini, tapi juga kolaborasi dalam research yang melibatkan tidak hanya mahasiswa tapi dosen juga.

“Kami (Tel-U dan Pusan) telah memiliki research center di Tel-U bernama Beyond Engineering Education (BEE) dalam pusat riset ini project yang akan dilaksanakan antara Korea dan Indonesia diantaranya adalah Global Engineering Service Learning Program, Engineering Service in Engineering Service Community Program & Collaborative Research in Capstone Design Program.” Katanya.