12 Sep 2020

IndonesiaNEXT: Agile Talent in Crisis

ZOOM, 12 September 2020

Sebagai perusahaan seluler terbesar ke-6 di dunia, Telkomsel telah bertransformasi menjadi perusahaan Digital Telco. Untuk menciptakan digital talent yang unggul, Telkomsel kembali menyelenggarakan Program IndonesiaNext yang bekerjasama dengan Telkom University sebagai tuan rumah.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan keahlian profesional para mahasiswa sebagai persiapan talenta-talenta yang unggul. Terdiri dari 43.519 pendaftar dari 1500 perguuran tinggi yang mendapatkan kuliah umum, kursus online, pelatihan dan sertifikasi yang fokus pada kemampuan dibidang teknologi dan terpilihlah 32 finalis yang menjadi IndonesiaNEXT 2019.

Acara puncak dari program ini diselenggarakan secara daring melalui Zoom dan disiarkan langsung pada aplikasi Max Stream dan kanal YouTube IndonesiaNext Sabtu (12/09). Pada acara puncak, Telkomsel dan Telkom University menyelenggarakan Talk Show dengan menghadirkan pembicara inspiratif antara lain Setyanto Hantoro selaku President Director Telkomsel, Prof. Dr. Adiwijaya selaku Rektor Telkom University, Dr. Eng. Khoirul Anwar, S.T., M.Eng. selaku Ilmuan Indonesia Penemu 4G LTE, Leonardus Wahyu Wasono selaku Director of Finance Telkomsel, R. Muharam Perbawamukti selaku Director of HCM Telkomsel dan Putri Indahsari Tanjung selaku Entrepreneur Muda.

Pada Talk Show kali ini, Setyanto Hantoro membagikan pengalamannya dan menceritakan perjalanannya sampai menjadi CEO Telkomsel. Beliau mengatakan bahwa sebagai generasi muda, kita harus bisa memanfaatkan kemampuan dan potensi yang kita miliki semaksimal mungkin sehingga dapat bermanfaat untuk orang lain.

“Sebagai generasi muda juga, kita jangan hanya fokus pada kemampuan akademik saja tetapi juga harus memperhatikan interpersonal skills dan jangan menyerah pada setiap tantangan yang ada. Jangan lupa meminta doa restu dari orangtua,” ucapnya.

Dengan adanya program IndonesiaNext ini, diharapkan mampu menciptakan talenta-talenta unggul, tidak hanya secara akademik tetapi juga secara interpersonal skills. Dalam menghadapi krisis di masa pandemi saat ini, kita harus dapat merubah pola pikir menjadi lebih kreatif, tangkas dan jangan takut salah. Banyak hal berubah dan tidak terduga sehingga kita harus mampu menyesuaikan diri dengan keadaan. Prof. Dr. Adiwijaya selaku Rektor Telkom University menyampaikan bahwa penyampaian kurikulum kepada mahasiswa harus dibuat lebih digital sehingga dapat lebih relevan pada kondisi saat ini.

“Kalau dari sisi kurikulum itu kaitannya adalah dengan kompetensi yang akan diraih nanti oleh setiap mahasiswa. Dengan adanya pandemi saat ini, tidak hanya konten, tetapi bagaimana caranya menyampaikan materi itu sendiri. Penyampaiannya sendiri, sesuai dengan arahan Kemendikbud bahwa saat ini kita menjalankan Kampus Merdeka, dan program IndonesiaNext ini dapat menunjang program dari Kemendikbud tersebut,” ucapnya.

Telkomsel juga memberikan dukungan kepada Telkom University berupa Bantuan Program CSR Sertifikasi IndonesiaNEXT untuk 40 dosen Telkom University untuk memajukan dunia pendidikan dalam menyiapkan kader-kader bangsa di industri telekomunikasi. Bantuan ini secara simbolis diserahkan oleh Leonardus Wahyu Wasono selaku Director of Finance Telkomsel dan diterima langsung oleh Rektor Telkom University Prof. Dr. Adiwijaya.

Acara ini dilanjutkan dengan Crowning Event 32 finalis IndonesiaNEXT. Terpilihlah Roy Krisn dari Telkom University sebagai Ambassador Telkomsel IndonesiaNext dan Ahmad Ryan Nur Rahman dari Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin sebagai Best of The Best Talent Telkomsel IndonesiaNext.

Sebagai bentuk apresiasi, pada program ini Telkomsel memberikan Bantuan Pendidikan senilai Rp. 1.000.000.000 kepada 32 finalis IndonesiaNext 2019. Diharapkan bantuan yang diberikan dapat bermanfaat dan mendorong talenta-talenta unggul agar berkontribusi dan siap membawa Indonesia Maju.

Previous Article Next Article