10 May 2016

Kecamatan Pameungpeuk Sekarang Punya Portal Desa

BANDUNG, TEL-U – Sejumlah dosen Telkom University (Tel-U) menggelar pengabdian masyarakat (abdimas) berupa pelatihan pembuatan website dan jurnalisme warga di Kecamatan Pameupeuk Kabupaten Bandung dalam dua hari yaitu tanggal 30 April dan 7 Mei 2016.Pelatihan ini dihadiri sekitar 50 peserta terdiri dari ibu pengajian, remaja masjid, dan kelompok penulis “lingkar pena pesantren”.

“Ini adalah bagian awal untuk membangun desa digital. Desa yang hadir dalam dunia maya dengan segala ide dan potensinya,” ujar Meldi Rendra, pelaksana Pengabdian Masyarakat Telkom University.

Dengan adanya website desa ini, tambah Meldi, maka warga bisa melakukan e-dagang melalui pasar komunitas, begitu juga berita komunitas untuk memberikan kritikan pembangunan dan usulan. “Serta berbagai tausiyah agama,” ujarnya.

Kecamatan Pameungpeuk punya potensi ekonomi dan aktivitas warga yang banyak terutama pengajian dan pembangunan desa. Fasilitas digital ini nantinya menjadi tempat pusat komunitas di Kecamatan Pameumpeuk.

“Tentunya fasilitas tersebut akan meningkatkan ekonomi warga dan kesejahteraan lewat usulan dan kritik berbagai pembangunan kepada pemerintah,” katanya. (purel)