10 Sep 2019

Mahasiswa Tel-U Harumkan Indonesia di Level Asia Pasific

BANDUNG, Telkom University – 3 orang mahasiswa Telkom University yang tergabung dalam tim PlantDroid dengan anggota Shinta Aghnia Adeline, Firman Ade Prasetyo dan Harits Hammam Al Asyhar yang merupakan mahasiswa Fakultas Teknik Elektro berhasil meraih juara 2 pada ajang IEEE YESIST12 di Thailand., 7 – 8 September 2019.

IEEE YESIST 12 (Youth Endeavours For Social Innovation Using Sustainable Technology) (formerly SS12) merupakan ajang pertunjukan bakat internasional bagi para siswa dan profesional muda untuk memamerkan ide-ide inovatif guna menyelesaikan masalah kemanusiaan dan sosial di sekitar lingkungan.

Kompetisi yang digelar di Stamford International University, Hua-Hin Thailand ini diikuti setidaknya lebih dari 20 negara di Asia-Pasific.

Shinta Aghnia Adeline saat diwawancara menceritakan bahwa timnya berhasil meraih juara 2 untuk kategori Innovation Challenge, dengan hasil karya berupa aplikasi bernama Plantdroid: Estimating Tea Plant Population Using Color Image Thresholding Algorithms Based on Android Platform.

“Aplikasi ini kami kerjakan untuk menghitung populasi tanaman guna membantu para petani teh, awalnya perhitungan populasi tanaman para petani masih dilakukan secara manual. Hal itu memperbesar kemungkinan salahnya perhitungan, dan bisa membuat para petani salah untuk menentukan aksi pemeliharaan untuk kebunnya. Kami membantu mereka untuk menghitung populasi tanaman dengan cepat dan mudah melalui Plantdroid.” Jelasnya.

Melalui aplikasi ini Shinta berharp agar Plantdroid bisa terus dikembangkan dan dapat dimanfaatkan oleh para petani di Indonesia.

“Kami berharap dari aplikasi ini mampu mensejahterakan serta meringankan pekerjaan para petani petani kecil yang ada di Indonesia, khususnya Jawa Barat, selain itu target kami tidak hanya di Indonesia, tetapi juga petani di seluruh dunia.” Ucapnya.

(NAI)