05 Jun 2018

Mahasiswa Telkom University Raih Juara Kompetisi IoT

Bandung – Pada ajang Electrical Engineering Days yang diselenggarakan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Himpunan Mahasiswa Elektroteknik ITB, mahasiswa Telkom University berhasil meraih juara 2 pada ajang kompetisi pada perhelatan tersebut.

Kompetisi yang diikuti merupakan Internet of Things Challenge (ICC) yang digelar pada 22-24 Mei lalu. Satrya Budi Pratama, yang merupakan bahasiswa Fakultas Informatika (2015) Telkom University ditemani oleh Ibrahim Hasan (Teknik Fisika 2015) dan M. Arif Putra H (Sistem Komputer 2017) mengangkat topik Energy Hybrid Terbarukan Berbasis IoT dan Sistem Cerdas.

Satrya menjelaskan, pada kategori ICC ini peserta diberi waktu 2 hari untuk menerapkan sistem yang akan dibangun dari awal.

“Kerja sama sangat diperlukan dalam lomba ini. Pada awalnya kami ragu sistem kami dapat bekerja sesuai harapan dan ini pertama kali sistem tersebut dibuat belum ada percobaan dan pengujian sebelumnya. Sedangkan kompetitor lain sudah riset jauh-jauh hari sehingga data pengujian terlampir saat presentasi didepan juri.” jelasnya saat di wawancarai melalui aplikasi pesan instan.

ICC ini diikuti oleh berbagai perguruan tinggi di Indonesia, diantaranya UNPAD, STMKG, Universitas Jember, Universitas Brawijaya, UNSOED, UGM, dan Telkom University.

“Alhamdulillah kami dapat menyelesaikan sistem dengan baik dan optimis sehingga berhasil meraih juara 2. Pengalaman ini sangat berharga bagi kami untuk meningkatkan kerjasama dan memacu skill dalam pembuatan sistem dan aplikasi.” ungkap Satrya.