MBKM Fair 2023: Ajang Kolaborasi Kampus dan Mahasiswa melalui MBKM

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah mengimplementasi program unggulan yaitu Kampus Merdeka Merdeka belajar (MBKM) di seluruh perguruan tinggi di Indonesia yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai langkah persiapan karier.

Telkom University melalui Badan Pengembangan Akademik (BPA) menggelar MBKM Fair 2023, sebuah event untuk mensosialisasikan implementasi MBKM secara internal di beragam Direktorat, Research Center, dan Research Alliance di Telkom University. 

MBKM internal Tel-U atau lebih dikenal dengan nama Work Ready Program (WRAP) terdiri dari WRAP Internship, WRAP, Apprenticeship, WRAP Entrepreneurship, dan WRAP Researchship. 

Rektor Telkom University, Prof. Dr. Adiwijaya mengungkapkan mahasiswa diharapkan untuk mampu melakukan pemecahan yang nyata di lapangan. Melalui MBKM internal ini, mahasiswa dapat segera menerapkan ilmu yang diperoleh saat perkuliahan.

Baca Juga  Universitas Tadulako Kunjungi Tel-U, Pelajari Pengelolaan ICT

“Jika kita lihat, skillset yang sangat diperlukan utamanya adalah problem solving. Penting sekali kita mengerti masalah itu dr akarnya. MBKM ini mengajak mahasiswa, untuk dapat mengerti masalah nyata di lapangan, bagaimana pendekatannya, menemukan solusi dari masalah itu. Terpenting, kita menjadi bagian dari solusi itu.” ungkap Adiwijaya.

Pada MBKM Fair 2023 kali ini, terdapat beberapa direktorat, research center, dan research alliance yang mempresentasikan profil secara sekilas kepada para mahasiswa. Untuk direktorat diantaranya, Direktorat Pemasaran dan Admisi; Direktorat Sekretariat dan Perencanaan Strategis, dan Language Center. Terdapat juga Research Center – Human Centric Engineering, Research Group – Cyber-Physical Systems, dan Research Alliance – Center for Assessment and Application of Technological Innovation for Society.

Menurut Kepala Urusan Pengembangan MKLP & RPL sekaligus moderator pada kegiatan ini, Muhammad Al Makky, M.T. mengungkapkan kedepannya akan lebih banyak lagi direktorat dan kelompok keahlian yang akan tergabung pada program MBKM. Sehingga, dapat memberikan pilihan lebih banyak bagi mahasiswa untuk memilih bidang yang diminatinya.

Tinggalkan Balasan