08 Mei 2020

Menjadi Individu yang Kompeten Di Era Industri Kreatif

Zoom – Center of Learning & Open Education (CeLOE) Telkom University Kembali menggelar High School Webinar Series episode ke-2 yang berlangsung pada Jumat (8/5). Kali ini, webinar series episode ke-2 ini mengangkat judul “Creative Industry: Why People Need Us?” oleh Dosen Fakultas Industri Kreatif (FIK), Design Interior, yaitu Andreas Dwiputro Handoyo, S.T.,M.T. Lalu bagaimana menjadi individu yang kompeten di era Industri Kreatif ini? Mari kita simak.

Sekilas mengenai FIK, merupakan salah satu fakultas di Tel-U yang fokus pada pengembangan kreatifitas mahasiswa dengan beberapa jurusan: Sarjana (S1) Desain Komunikasi Visual; Sarjana (S1) Desain Industri; Sarjana (S1) Desain Interior; Sarjana (S1) Kriya Tekstil Mode; Sarjana (S1) Seni Visual; Magister (S2) Desain.

Andreas merupakan salah satu dosen Design Interior di FIK, beliau pernah menjadi Top 8 Jayaboard National Sketch Competition. Menunjukkan bahwa beliau adalah seorang expertise di bidangnya. Di awal webinar, beliau langsung menekankan bahwa Teamwork dan Networking adalah hal yang penting di industri kreatif.

“Saat ini kita dituntut untuk bisa Teamwork/Collaboration bersama kolega-kolega baik yang memiliki latar belakang keahlian sama atau bahkan berbeda sekalipun. Hal tersebut dibutuhkan untuk menciptakan jaringan luas (Networking) dan mampu menciptakan karya-karya yang luar biasa”

Mengenai passion, Andreas menyarankan untuk sedini mungkin mengenali peminatan pribadi. Pelajari hal-hal yang diminati mulai dari sekarang, manfaatkan media pembelajaran yang ada.

“Kalian harus mulai mencari passion sejak dini mungkin, karena peminatan dengan hasrat yang tinggi bisa membuat kalian terus bersemangat untuk menjalani masa perkuliahan nanti. Mulai dari sekarang mendalami passion-passion yang disukai, manfaatkan media pembelajaran seperti YouTube untuk mempelajari dasar-dasar keahlian di bidang tersebut. Untuk mulai membentuk karakter yang mampu memecahkan permasalahan.”

Previous Article Next Article