01 Okt 2021

Naskah “Socio-Ecopreneurship Project” Ratna Lubis Terpilih Pada ICSD 2021

BANDUNG, Telkom University – Konsep “Sustainability” dan “Sustainable Development” yang saat ini dikenal dengan SDGs 2030, merupakan konsep yang sudah mulai sejak tahun 1960-an, di mana aktifitas ini diarahkan kepada Sustainable Development adalah dalam rangka memanfaatkan seluruh sumber daya untuk memperbaiki kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.

International Conference on Sustainable Development (ICSD) hadir sebagai wadah diskusi para ahli dan komunitas global tentang konsep “Sustainability”, “Sustainable Development” dan SDGs 2030. Pada ICSD ke-9 yang diselenggarakan 20 – 22 September 2021, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Telkom University (FEB Tel-U) Dr. Ratna Lindawati Lubis, mengajukan naskah case study bertajuk Telkom University’s Socio-Ecopreneurship Project: Student Engagement to Implement the SDGs in Bandung Indonesia, dan berhasil menjadi show case dari ratusan pengajuan yang diterima oleh panitia ICSD 2021.

Dr. Ratna menjelaskan bahwa “Socio-Ecopreneurship Project” adalah Project Based Learning (PBL) untuk mahasiswa pascasarjana dalam manajemen bisnis yang menguji penerapan keterampilan manajemen proyek untuk mengoperasionalkan SDGs di tingkat lokal.

““Proyek Sosial-Ecopreneurship” bukanlah tujuan pembelajaran, melainkan sarana. Hal ini tidak terbatas pada penerapan sederhana dari pengetahuan yang telah diperoleh pada semester sebelumnya tetapi juga memungkinkan pengembangan keterampilan baru dan perolehan lebih banyak pengetahuan untuk mengatasi tantangan dan tujuan yang diwakili oleh SDGs. Selain itu, konsep “Socio-Ecopreneurship Project” terkait dengan konsep fisik keberlanjutan, termasuk yang berakar pada nilai dan pilihan berdasarkan prinsip etika.” Jelasnya.

Tujuan keseluruhan dari “Socio-Ecopreneurship Project” ini Ratna menjelaskan adalah, untuk memajukan inovasi pendidikan dalam Education for Sustainable Development (ESD) di Telkom University.

“Selain itu kami juga ingin memberikan kualitas lulusan di masa depan dengan kompetensi yang diperlukan untuk memulai perubahan menuju masyarakat yang lebih berkelanjutan.” Jelasnya.

Ratna Lubis menyampaikan bahwa hadirnya Telkom University pada SDGs di skala global merupakan bentuk komitmen Telkom University untuk tercapainya SDGs 2030.

Case Study Dr.Ratna Lubis dapat diakses melalui laman:  https://blogs.upm.es/education4sdg/2021/08/04/telkom-universitys-socio-eco-preneurship-project-student-engagement-to-implement-the-sdgs-in-bandung-indonesia/ .

Previous Article Next Article

Tinggalkan Balasan