27 Agu 2020

Prof. Adiwijaya Berbagi Ilmu Menjadi Masyarakat Well Educated

ZOOM, Telkom University – Membentuk masayarakat yang Well Educated tentunya merupakan hal yang sangat penting untuk memajukan generasi bangsa Indonesia yang mampu membawa bangsa ini menjadi negara maju kedepannya.

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) bekerjasama dengan IEEE Indonesia Section menggelar webinar series edisi bulan Agustus 2020, dimana pada webinar kali ini yang berlangsung melaui Zoom Aplikasi, Kamis (27/8) tema yang angkat adalah “Menciptakan Masyarakat Well-educated untuk Indonesia Maju”.

Kali ini Rektor Telkom University, Prof. Adiwijaya turut hadir sebagai pembicara, dimana Prof. Adiwijaya dalam pemaparannya menjelaskan bahwa manusia itu memiliki sifat adaptif, yang mana manusia dapat beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi disekitarnya.

“Saat ini seiring dengan perkembangan industry 4.0, kita dihadapkan dengan perubahan dalam dunia industri, dimana banyak tenaga manusia yang digantikan otomasi, namun kita harus bisa beradaptasi akan kemajuan tersebut, karena perubahan itu akan membuka setidaknya 27 hingga 46 juta peluang pekerjaan baru, yang mana 10 juta pekerjaan baru tersebut belum pernah ada sebelumnya.” Jelasnya.

Dengan adanya perubahan tersebut, Prof. Adiwijaya menambahkan bahwa untuk menjadi masyarakat yang well educated ada beberapa poin poin penting yang harus dipahami, karena masyarkat well educated adalah masyakarat yang adaptif.

“Untuk menjadi masyarakat yang well educated, kita dituntut untuk selalu berfikir kreatif dan mampu berinovasi untuk menghadapi problem yang dihadapi saat ini, kemudian lakukan continuous capacity improvement, dimana kita harus melakukan introspeksi diri, dan melakukan perbaikan terhadap diri kita, agar terus meningkat setiap harinya, dan yang menjadi dasar utama adalah regulatory compliance, kita harus sadar bahwa kita sudah compliance terhadap situasi yang ada, dan sudah patuhkan kita terhadap aturan-aturan yang ada disekitar kita, ini merupakan dasar kita untuk taat akan peraturan, baik aturan yang tuhan ciptakan ataupun negara dan lingkungan ciptakan.” Ucapnya.

Melalui poin-poin tersebut Prof. Adiwijaya ingin berpesan bahwa untuk menjadi masyarakat yang well educated juga harus bisa memberikan manfaat untuk sekitar, karena sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat untuk manusia lainnya.

“Oleh karena itu lakukan yang terbaik untuk sekitar kita, karena generasi bangsa kedepan yang well educated akan membawa Indonesia unggul dimasa depan.” Jelasnya.

Dalam acara ini Prof. Dr. Wisnu Jatmiko selaku koordinator program MIK-DIK Fasikom UI sekaligus ketua IEEE Indonesia Section mengatakan bahwa acara yang diikuti oleh mahasiswa, dosen dan masyarakat umum ini ditujukan untuk berbagi ilmu tentang pengembangan SDM unggul di Indonesia, sekaligus menumbuh kembangkan kreatifitas dan keterampilan serta inovasi dari para akademisi.

“Acara ini sesungguhnya rutin digelar kami (Fasikom UI) namun selama pandemic ini berlangsung secara daring, dan kami berharap dari acara ini bisa menumbuhkan semangat para peneliti untuk tetap produktif dalam berinovasi ditengah pandemic ini, sekaligus update keilmuan tentang teknologi digital ditengah pandemic COVID-19.” Ucapnya.

 

Previous Article Next Article