01 Mar 2019

Prof Roni : Sama Belum Tentu Plagiat

BANDUNG, Telkom University –  Selain Plagiarisme ada beberapa contoh pelanggaran dalam penulisan karya ilmiah, diantaranya adalah Falsifikasi , Fabrikasi, Self Plagiarisme, dan salami  Plagiarisme. Hal tersebut disampaikan oleh Guru Besar Universitas Padjajaran Prof. Roni Kastaman, saat menjadi narasumber dalam Sosialisasi Pemahaman Similarity pada Karya Ilmiah di Gedung Bangkit Lantai 2, Kamis (28/2).

Prof Roni mengatakan bahwa sama dalam penulisan itu belum tentu plagiat, karena ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menghindari plagiat, antara lain : lakukan prafase, lakukan kutipan langsung, lakukan kutipan pada tulisan sendiri guna menghindari self plagiarism dan selalu cantumkan sumber kutipan pada narasi yang dikutip dan pada daftar pustaka.

“Sesuai dengan judul dari sosialisasi ini, saya ingin sampaikan bahwa similarity dalam sebuah penulisan karya ilmiah itu belum tentu plagiat, asalkan mengikuti tata cara dan aturan yang ada.” Ucapnya.

Sesuai dengan peraturan menteri pendidikan nasional nomor 17 tahun 2010 tentang pencegahan dan penaggulangan plagiat di perguruan tinggi, Telkom University sangat focus terhadap pencegahan plagiat dalam penulisan karya ilmiah, oleh karena itu pelatihan seperti ini diberikan.

Acara yang dihadiri oleh Dosen Telkom University, ketua kelompok keahlian dari setiap fakultas ini dibuka oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr.Dadan Rahadian. Dalam sambutannya Dadan berharap dari kegitan ini para peserta bisa mendapat manfaat dan mempercepat jabatan nya hingga guru besar.

“Semoga ilmu yang diberikan oleh Prof Roni bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh rekan-rekan semua untuk kemajuan institusi ini.” Ucapnya.