02 Des 2018

Puluhan Perguruan Tinggi Hadiri Workshop IABEE

BANDUNG, Telkom University – Sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang sudah banyak meraih akreditasi Internasional, Telkom University bersama APTIKOM (Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komputer Indonesia) dan IABEE (Indonesia Accreditation Board for Engineering Education) menggelar acara IABEE International Accreditation Workshop for Computing Disciplines yang dihadiri tidak kurang dari 64 peserta dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

Acara yang digelar pada Kamis (29/11) di el Royale Hotel Bandung ini, dibuka oleh Rektor Telkom University Prof. Adiwijaya. Dalam sambutannya Prof. Adiwijaya mengatakan bahwa akreditasi itu penting adanya sebagai jaminan kepada stake holder.

“Akreditasi program studi dan Institusi itu merupakan jaminan bahwa lulusan yang kita berikan kepada masyarakat baik industri dan pemerintah merupakan lulusan yang berkualitas, terutama kalau meraih akreditasi Internasional, berarti lulusan yang kita berikan merupakan lulusan kualitas dunia.” Ucapnya.

Sejalan dengan Prof. Adiwijaya, ketua IABEE Prof. Misri Gozan mengatakan bahwa berlangsung nya proses akreditasi yang terjadi di Perguruan Tinggi akan membuat perguruan tinggi tersebut melakukan improvement.

“Benefit dari akreditasi adalah membuat program studi dan perguruan tinggi akan terus melakukan peningkatan setiap tahun nya, dan akan selalu menjadi evaluasi.” Ucapnya.

Dalam kegiatan ini juga berlangsung sharing tentang prosedur dalam proses akreditasi IABEE oleh Dr. Prihandoko yang merupakan evaluator IABEE dan pembahasan tentang kriteria penilaian akreditasi IABEE oleh Dr. Ayu Purwarianti yang juga merupakan evaluator IABEE.
2 Program Studi (Prodi) Telkom University yang sudah mendapat akreditasi provisional IABEE adalah S1 Teknik Telekomunikasi (S1 TT) dan S1 Teknik Industri (S1 TI), saat ini ada 2 Prodi lagi yang sedang diajukan untuk mendapat akreditasi IABEE yakni Prodi S1 Informatika Fakultas Informatika dan S1 Sistem Informasi Fakultas Rekayasa Industri.
Kedua prodi tersebut sudah menjalani visitasi, dan dalam forum ini Said Al Faraby yang saat itu menjabat sebagai Ketua Prodi S1 Teknik Informatika dan Dr. Tien Fabrianti (Ketua Prodi S1 Sistem Informasi) membagi pengalaman kepada peserta tentang akreditasi IABEE.

Previous Article Next Article