S1 Desain Produk

Sekilas Tentang

Program Studi Desain Produk ( Product Innovation & Management ) Fakultas Industri Kreatif Universitas Telkom diawali dengan berdirinya Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia (STISI) pada tahun 1991. Pada 10 November 1992, Studi Desain Produk melengkapi program studi lainnya. seperti Desain Komunikasi Visual, Desain Interior, Kerajinan Tekstil, dan desain busana, serta Seni Rupa (Patung dan Lukisan). Pada tahun 2011 STISI bergabung dengan Telkom, berganti nama menjadi STISI Telkom, kemudian diusung kembali Fakultas Industri Kreatif Telkom saat tergabung dalam Telkom University pada tahun 2013. Program Studi Desain Produk menghasilkan tenaga profesional di bidang industri kreatif melalui penguasaan teori, teknologi, dan kecerdasan kreatif. Merancang sebuah produk yang baik dan memiliki nilai jual, serta kualitas-kualitas tersebut, dapat berkontribusi untuk meningkatkan kehidupan manusia. Mata kuliah Desain Produk meliputi teori desain, pembuatan model, metodologi, teknologi terapan untuk mengembangkan produk inovatif—kajiannya berbasis ICT dan Budaya Nusantara

Keunggulan

Program Studi Desain Produk menghasilkan tenaga profesional di bidang industri kreatif melalui penguasaan teori, teknologi, dan kecerdasan kreatif. Merancang sebuah produk yang baik, memiliki nilai jual, dan berkualitas, dengan tujuan dapat berkontribusi untuk meningkatkan kehidupan manusia. Program Studi Desain Produk mempunyai prinsip untuk menciptakan Good Design yang intuitive, adaptive dan bermanfaat. Mata kuliah Desain Produk meliputi teori desain, metodologi desain, teknologi terapan, dan pembuatan purwarupa untuk mengembangkan produk-produk inovatif

Program Studi Desain Produk juga telah bermitra dengan berbagai industri, baik itu industri kecil menengah hingga industri berkelas internasional, sebagi partner dalam kegiatan belajar mengajar dan penyerapan tenaga kerja. Program Studi Desain Produk menggunakan variable-variabel pendekatan tersebut sebagai dasar pertimbangan untuk suatu keputusan desain yang inovatif melalui pemanfaatan Information and Communication Technology (ICT) dan kearifan lokal yang dapat diaplikasikan dalam ranah Desain Produk secara keahlian, kewirausahaan dan riset.

Visi

Menjadi Program Studi Desain Produk yang unggul melalui pemanfaatan Information and Communication Technology (ICT) dan Kearifan Lokal dalam menghasilkan creativepreneur yang berdaya saing pada pengembangan industri kreatif.

Misi

  1. Mengembangkan Tridharma yang unggul dalam menghadapi perkembangan Industri Kreatif masa depan
  2. Membuka wawasan Creativepreneurship yang mengaplikasikan inovasi-inovasi desain dengan memanfaatkan ICT dan Kearifan Lokal.
  3. Mengembangkan keilmuan desain produk terkait perkembangan ICT dan menginventarisasi Kearifan Lokal.

Prospek Karir

  1. Desainer Furniture
  2. Desainer Produk Apparel
  3. Desainer Produk Peralatan Kerja
  4. Desainer Produk Trasnportasi
  5. Desainer Produk Elektronik,
  6. Desainer Produk Perlengkapan Rumah Tangga
  7. Desainer Produk Mainan
  8. Desainer Produk Militer
  9. Desainer Produk Perhiasan
  10. Desainer Produk Peralatan Kesehatan