20 Okt 2020

Self Management, Confidence and Resilience

Bandung, Telkom UniversityInternational Class Academic Office Telkom University menyelenggarakan webinar dengan tema ‘Self Management, Confidence dan Resilience’ dengan pembicara Ewaldo Antonio Prospero Reis Amaral, S.E., M.M., selaku Learning and Talent Management Manager Tiket.com. Webinar ini diselenggarakan pada Sabtu (17/10) melalui Zoom meeting dan diikuti oleh 252 partisipan.

Ewaldo menjelaskan bahwa dalam self management, ada dua hal utama yang harus dilakukan, yaitu menentukan tujuan dan menemukan mentor. Kedua hal ini dapat membantu kita untuk percaya diri dan bertahan.

“Tujuan seperti kompas. Ketika kita tersesat kita membutuhkan kompas untuk menemukan jalan kembali. Kompas akan menunjukkan arah mata angin dan kemana kita harus berjalan. Sama seperti tujuan, ketika kita terganggu, kita harus ingat kemana tujuan kita,” ucapnya.

Melalui tujuan personal, kita akan termotivasi untuk melakukan lebih dalam mencapai tujuan tersebut. Jadi, kita harus menentukan tujuan personal dan motivasi kita setiap pagi ketika bangun tidur. Dengan cara seperti ini, tidak akan lagi waktu yang terbuang untuk bermalas-malasan karena kita sudah memiliki tujuan.

Ewaldo juga menjelaskan bahwa penting untuk kita menemukan seorang mentor yang dapat membimbing kita, terutama ketika kita sebagai mahasiswa. Ketika kita menemukan mentor yang tepat, mentor akan membimbing kita dengan baik untuk dapat mencapai tujuan personal yang kita miliki.

“Saya pikir akan baik untuk kalian sebagai mahasiswa jika kalian memiliki mentor yang ahli dibidangnya dan mengenal diri kita secara baik. Sharing dan gali potensi yang kalian miliki dan jika memungkinkan mintalah bimbingan kepada mereka,” ucapnya.

Ewaldo berpesan kepada seluruh partisipan bahwa sukses bukanlah akhir, kegagalan juga bukanlah sesuatu yang fatal. Tapi bagaimana kita dapat merespon dan tetap berjalan melewati itu semua. Dengan diadakannya webinar ini diharapkan mampu membantu para partisipannya dalam self management dan memotivasi untuk bisa percaya diri dan bertahan.

Previous Article Next Article