11 Jul 2019

Sosialisasi Instrumen Akreditasi Program Studi 4.0

Telkom University sukses menggelar Instrumen Akreditasi Program Studi 4.0 pada Senin (8/7) di Gd. Bangkit Lt.2. Pada sosialisasi ini, Tel-U bekerjasama dengan BAN-PT menghadirkan tiga pembicara yang diharapkan mampu menyampaikan instrumen-instrumen baru yang diterapkan terhadap proses akreditasi program studi pada perguruan tinggi.

Mereka adalah Ketua Majelis Akreditasi BAN PT Prof Dwiwahju Sasongko, Ph.D, lalu ada Sekretaris Dewan Eksekutif BAN PT Dr Agus Setiabudi, M.Si., terakhir Saepudiin Nirwan, S.Kom., M.Kom selaku tim penyusun standar IAPS 4.0

Instrumen baru ini menghadirkan paradigma yang berbeda dengan instrumen lama yaitu beroirentasi pada outcomes. Tren orientasi berbasis outcomes serta evaluasi diri ini telah dilakukan oleh banyak negara di dunia, dan kini saatnya Indonesia mengarah kesana. Dengan adanya acara ini, program studi maupun pengelola program studi dapat merespon pelaksanaan akreditasi di tatanan global yang mengarah pada outcomes based.

Saat ini sebanyak 68% program studi di Telkom University telah terakreditasi A , dengan adanya instrumen baru ini, Telkom University terus berupaya untuk menguatkan sistem penjaminan mutu internal untuk mencapai peraihan akreditasi “unggul” pada instrument baru ini.