14 Okt 2020

SWASTAMITA 2020: Past and Beyond

Bandung, Telkom University – Telkom University sebagai PTS No. 1 di Indonesia terus menciptakan karya-karya kreatif yang beragam. Hal ini tercermin dari kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan. Salah satunya yaitu acara Swastamita 2020.

Swastamita merupakan acara tahunan Program Studi S1 Kriya Tekstil dan Fashion sekaligus acara penghujung kepengurusan Himpunan Mahasiswa SERAT. Swastamita ini diikuti oleh peserta tugas akhir 2020 dan mahasiswa tingkat tiga dan empat.

Swastamita diselenggarakan sebagai media publikasi karya-karya terbaik dari mahasiswa program studi S1 Kriya Tekstil dan Fashion. Karya yang ditampilkan berupa busana, aksesoris, surface dan structure design textile dan fabric arts.

Mengusung tema Past and Beyond, fashion dapat menjadi sebuah ekspresi estetika popular pada suatu tempat dan waktu tertentu, dengan konteks spesifik Past and Beyond mendatangkan rasa nostalgia dengan tatanan modern. Membawa pemirsa untuk kembali merenungi unsur-unsur tradisi Indonesia dalam sebuah material, teknik dan motif.

Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini Swastamita diselenggarakan secara virtual dikarenakan keadaan pandemi Covid-19. Swastamita 2020 ini terdiri dari tiga rangkaian acara yaitu virtual exhibition, virtual fashion show dan creative talks.

Citra Puspitasari selaku Koordinator Pelaksana acara Swastamita 2020 menjelaskan bahwa tahun ini merupakan tahun ketiga diselenggarakannya Swastamita. Atas kerja sama yang baik dari panitia dosen dan teman-teman Himpunan Mahasiswa SERAT serta pihak-pihak lainnya yang berkontribusi akhirnya acara ini dapat terselenggara.

“Persiapan acara sudah kami laksanakan sejak awal tahun dengan konsep pameran dan fashion show yang di set secara onsite. Adanya pandemi Covid-19 menjadikan konsep tersebut berubah menjadi virtual. Alhamdulillah, panitia masih sangat semangat untuk mewujudkannya. Sejak Agustus kemarin kami mulai dengan pre-event dan Oktober ini diagendakan mulai berpameran secara virtual. Kegiatan ini menjadi salah satu langkah baik bagi kami berperan serta dalam memajukan industri kreatif Indonesia,” ucapnya.

Acara ini dibuka pada Selasa (13/10) melalui Zoom dan disiarkan langsung melalui YouTube. Opening Ceremony Swastamita 2020 ini dihadiri 600 partisipan dari berbagai kalangan antara lain akademisi, industri kreatif, start local brand, pimpinan Yayasan hingga rekan-rekan admisi dari mancanegara seperti UiTM Perak Malaysia.

Prof. Dr. Adiwijaya selaku Rektor Telkom University memberikan apresiasinya kepada lulusan Program Studi S1 Kriya Tekstil dan Fashion 2020 yang telah memberikan karya-karya terbaiknya pada acara ini.

“Teruslah memberikan warna, kreativitas. Teruslah produktif dalam berkarya, Insha Allah hasil-hasil ini sangat bermanfaat yang akan memberikan inspirasi dan kontribusi menuju Indonesia maju,” ucapnya

Swastamita 2020 ini menampilkan 112 karya tugas akhir mahasiswa program studi S1 Kriya dan diselenggarakan pada 13 Oktober hingga 3 November 2020. Acara ini dapat diakses melalui website swastamita-bcaf.telkomuniversity.ac.id.

Previous Article Next Article