22 Feb 2021

Telehealth 4.0, Jadi Juara Di Lomba Karya Ilmiah Mahasiswa oleh PT Pertamina

Mahasiswa Telkom University meraih prestasi pada ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) yang digelar oleh PT Pertamina RU VI Balongan pada Selasa, (16/2). Kompetisi ini diadakan dalam menyambut Hari K3 Nasional atau Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang dicanangkan oleh Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah yang mulai diselenggarakan serentak setiap 12 Januari.

Kegiatan ini menjadi menjadi wadah bagi mahasiswa perguruan tinggi yang ada di Jawa Barat, Jakarta dan Banten untuk menuangkan ide dan gagasannya berupa karya tulis ilmiah dengan tema “Meningkatkan Peran Milenial dalam Optimalisasi Sumber Daya di Masa Pandemi Covid-19”.

Amri Khurniawan dan Sri Dewi Sartika Syarifuddin yang merupakan mahasiswa Telkom University S1 Teknik Telekomunikas, Fakultas Teknik Elektro Tel-U berhasil meraih Juara 2 pada pengumuman grand final yang dilaksanakan secara daring oleh PT Pertamina RU VI Balongan. Mereka tergabung dalam sebuah tim bernama Health Team.

Health Team berhasil menjadi juara lantaran karya ilmiahnya yang begitu menarik serta implementasi bagi masyarakat memberikan dampak positif yang bermanfaat. Mereka membuat sebuah karya dengan nama Telehealth 4.0 yang merupakan integrasi teknologi artificial intelligence untuk mengukur parameter vital kesehatan tubuh manusia dalam upaya meningkatkan peran fasilitas pelayanan kesehatan.

Beragam upaya riset dilakukan untuk menunjang keberhasilan Telehealth 4.0 sehingga memiliki akurasi yang maksimal. “Persiapan yang dilakukan meliputi studi literatur dan pendalaman masalah, melakukan kerja sama perolehan data dengan RS. Bhayangkara, dan mendapatkan model algoritma pemrograman machine learning.” Ungkap Amri pada wawancara online.

Amri dan Sri berhasil bersaing ketat dengan kompetitor yang berasal dari 23 universitas yang tersebar di Jawa Barat, Jakarta, dan Banten. Pada acara Grand Final terpilih 7 finalis yang terdiri dari Universitas Telkom, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Padjadjaran, dan Universitas Pendidikan Indonesia. Menurutnya kompetitor paling sengit adalah Universitas Padjajaran.

Telkom University sebagai institusi terus mendukung kegiatan seperti ini, seperti melakukan diskusi ilmiah, pendampingan, dan pendanaan selama berkompetisi.

Previous Article Next Article

One Comment

  • Syarifuddin 02/22/2021

    Selalu bersyukur… Semangat .Optimis..sukses slalu berkarya untuk orang banyak…sehat slalu.Amin Yra.

    Reply

Tinggalkan Balasan