12 Nov 2020

Telkom University Bantu Kabupaten Kuningan Menjadi Smart City

KUNINGAN, Telkom University – Dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya, sesuai dengan Peraturan Presiden No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Telkom University bersama pemerintahan Kabupaten Kuningan, telah melaksanakan Kick Off Penyusunan Rencana Induk SPBE yang berlangsung di kantor Pemerintahan Kabupaten Kuningan, Rabu (11/11).

Rombongan Telkom University yang dipimpin langsung oleh Rektor Telkom University, Prof. Adiwijaya, disambut langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Kuningan, M Ridho Suganda, didampingi oleh Sekretaris Daerah, Dr. Dian Rachmat Yanuar.

Dalam sambutannya, Wabup menyampaikan bahwa Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik merupakan penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunkasi untuk memberikan layanan kepad pengguna SPBE, sebagimana diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2020 tentang SPBE.

“Agar pelaksanaan SPBE dapat berjalan dengan baik serta dapat mendukung pelaksanaan visi misi pimpinan dan bersinergi dengan program-program pemerintah pusat, maka perlu adanya perencanaan dalam pelaksanaannya. Dan Rencana Induk SPBE ini, merupakan syarat awal untuk mewujudkan Smart City,” Ucapnya.

Turut hadir Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadis Kominfo) Kabupaten Kuningan, Dadi Hariadi, dimana dalam laporannya Hariadi menyampaikan penyusunan rencana induk SPBE bertujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya. Selain itu, sambungnya, juga untuk meningkatkan keterpaduan dan efisiensi dalam penyelenggaraan pemerintahan dengan memanfaatkan TIK.

“Dalam pelaksanaan pengembangan SPBE, Diskominfo Kabupaten Kuningan pada kesempatan ini juga akan melakukan kesepakatan bersama (Mou) dengan Universitas Telkom Bandung dan Direktorat Kerjasama dan Kantor Urusan Internasional Universitas Telkom dalam pengadaan swakelola kajian rencana induk SPBE Pemerintah Kabupaten Kuningan,”

Rektor Telkom University, Prof. Adiwijaya menyampaikan bahwa ini merupakan implementasi MoU (Memorandum of Understanding) yang sudah dilaksanakan antara Telkom University dengan Kabupaten Kuningan, dan melalui kegiatan ini diharapkan dapat berjalan lancar, dan menjadikan Kabupaten Kuningan menjadi salah satu Smart City di Indonesia.

“Kami siap membantu kabupaten Kuningan dalam terciptanya SPBE ini, karena apa yang kita kerjakan saat ini tujuannya satu, yakni bersama-sama memajukan bangsa Indonesia, karena Telkom University sebagai perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia, selain mencetak SDM unggul untuk bangsa, kami juga berkomitmen memajukan daerah-daerah yang ada di Indonesia.” Jelasnya.

Pada acara ini juga dilaksanakan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Telkom University dan Kabupaten Kuningan yang di tandatangani langsung oleh Direktur Kerja Sama Strategis & Kantor Urusan Internasional, Lia Yuldinawati dan Plt Kadis Kominfo Kabupaten Kuningan Dadi Hariadi, yang disaksikan langsung oleh Prof. Adiwijaya bersama dengan Wakil Bupati Kabupaten Kuningan serta Wakil Rektor IV Bidang Riset, Inovasi, dan Kerjasama, Dr. Rina Pudji Astuti.