13 May 2015

Telkom University Bekerjasama dengan Google

Kerjasama antara Telkom University dan Google telah berbuah hadirnya suatu sistem Google Apps dengan login menggunakan SSO yang dapat membantu seluruh civitas Telkom University untuk login pada layanan yang diberikan oleh Google Apps seperti email, google drive, google calendar dan google sites.

Paket perangkat lunak berbasis web yang dikenal dengan nama Google Apps For Education (GAFE) tersebut menyediakan layanan Gmail dengan kapasitas 25GB, Drive sebesar 5GB untuk bekerja dengan file, Calendar untuk mengatur jadwal, Chat, dan masih banyak aplikasi lainnya.

Inisiatif implementasi SSO yang dipimpin oleh Yanuar Firdaus selaku Direktur SISFO Telkom University ini timbul setelah mengamati harapan mahasiswa terhadap layanan teknologi informasi yang berkembang pesat beberapa tahun belakangan ini.

Menurut Pepita Gunawan, Google Apps Edu Lead “didalam GAFE tersedia aplikasi untuk membuat naskah dokumen, kertas kerja, dan presentasi secara online. Mahasiswa atau dosen juga dapat meng-upload file dari aplikasi yang biasa digunakan untuk kemudian di-edit secara online bersama-sama dengan banyak orang sekaligus. Setiap perubahan pada file tersebut tercatat dan dapat ditelusuri dengan mudah. File tersebut bahkan bisa diolah dimana saja menggunakan smartphone yang tersedia di pasaran.”