12 Mar 2019

Telkom University Gelar Workshop Strategi Penelitian

BANDUNG, Telkom University – Dalam rangka mempertajam strategi pengelolaan penelitian dan pengabdian masyarakat di lingkungan Telkom University, Telkom University melalui Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPM) Telkom University gelar Workshop tentang Strategi inovasi Pengelolaan Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Laboratorium Penelitian.

Acara yang digelar pada Senin, 4 Maret 2019 bertempat di Ruang Multimedia Lt.2 Gedung Bangkit ini diikuti oleh puluhan dosen, ketua kelompok keahlian dan ketua program studi. Hadir sebagai pembicara adalah Prof. Dr. Eng. Wisnu Jatmiko, S.T., M.Kom. selaku manajer Riset Fasilkom Universitas Indonesia.

Rektor Telkom University, Prof. Dr. Adiwijaya dalam sambutannya berpesan agar kegiatan ini dapat mengakselerasi penelitian dan pengabdian masyarakat di lingkungan Telkom University. “Semoga kegiatan hari ini dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dosen-dosen di Telkom University, khususnya dosen-dosen yang sedang mengikuti program akselerasi JFA”. Katanya.

Dalam presentasinya, Prof. Wisnu menjelaskan best practice pengelolaan penelitian dan pengabdian masyarakat di laboratorium risetnya. Menurut beliau, di dalam lab riset harusnya ada ketua lab, dan sejumlah anggota yang secara hierarki terdiri dari Guru Besar/Doktor, Mahasiswa Doktor, Mahasiswa Magister, dan Mahasiswa Sarjana. Beliau sangat menekankan pentingnya team yang baik dalam mengelola hibah penelitian dan abdimas yang semakin banyak. “Tidak ada superman, yang ada adalah super team”, katanya.

Prof. Wisnu menambahkan bahwa penelitian dan pengabdian masyarakat bisa dijalankan secara berimbang, banyak hal yang bisa dikerjakan untuk masyarakat, beliau mencontohkan sistem informasi zakat yang sekarang sudah banyak diimplementasikan di berbagai Lembaga zakat.