26 Sep 2019

Telkom University Kenalkan Bahasa Indonesia Kepada Mahasiswa Asing

BANDUNG, Telkom University – Telkom University melalui International Office, berupaya memperkenalkan bahasa Indonesia kepada Mahasiswa International yang sedang menempuh pendidikan di Indonesia dengan menggelar acara Indonesia Culture Summer Camp (ICSC) 2019.

Acara yang berlangsung mulai tanggal 26 – 28 September 2019 ini diikuti oleh Mahasiswa International dari 30 negara di seluruh dunia. Mengusung tema “Understand Indonesia” acara ini bertujuan untuk menularkan “virus” ke-Indonesia-an kepada masyarakat dunia, sekaligus sebagai wadah bagi mahasiswa dan pelajar internasional yang ingin mempelajari Bahasa dan Budaya Indonesia.

Wakil Rektor III bidang Admisi dan International Office Telkom University Dr. Dida Diah Damajanti mengatakan, bahwa keaneka ragaman budaya yang hadir dalam acara ini merupakan warna warni baru yang bisa dirasakan dan dipelajari bersama.

“Melaui acara ini pertemuan antara budaya merupakan hal yang indah, dimana kita bisa sama-sama belajar budaya dari negara lain, karena keanekaragaman itu harus dirayakan dan dinikmati bukan diperebutkan atau diperdebatkan.” Ucapnya.

Melalui ICSC Dida berharap selama 3 hari kedepan para peserta bisa memahami dan paham akan budaya dan bahasa Indonesia, sekaligus bisa memahami budaya Jawa Barat.

“Berbahasa Indonesia akan sangat menguntungkan bagi anda semua, karena bahasa Melayu termasuk Indonesia merupakan bahasa ke-3 yang paling banyak berbicara di dunia terutama di Asia Tenggara, oleh karena itu saya harap kalian bisa terinspirasi dan memahami dengan baik, dan selamat menjelajahi dan menikmati Bandung dan Indonesia. Saya Percaya bahwa kalian akan menjadi duta besar yang antusias untuk menyebarkan Bahasa Indonesia dan budayanya saat kembali ke negara masing-masing.” Pungkasnya.

Selain pemahaman dalam bahasa dan budaya di Indonesia di hari terakhir acara para peserta juga akan disajikan Cooking Day yang menyajikan masakan dari berbagai negara.

(NAI)