25 Aug 2019

Telkom University Kukuhkan 1.473 wisudawan

BANDUNG, Telkom University – Sidang Terbuka Senat Telkom University (Tel-U) dengan agenda wisuda  Magister, Sarjana, dan Ahli Madya Periode III Tahun Akademik 2018/2019 diselenggarakan pada Sabtu (24 Agustus 2019). Sidang yang diselenggarakan di Gedung Benggala atau Telkom University Convention Hall (TUCH) ini mengukuhkan 1.473 wisudawan dari 28 program studi, di antara 32 program studi pada tujuh fakultas di Telkom University.

Setelah melalui prosesi pelantikan ini para wisudawan akan bergabung dengan Forum Alumni Universitas Telkom (FAST) dengan jumlah alumni sebanyak 45.743 orang dan tersebar di 30 negara antara lain Amerika Serikat, Brazil, Australia, Selandia Baru, United Kingdom, Netherland, Swedia, Norwegia, Perancis, Jerman, Belgia, Polandia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Vietnam, Cambodia, China, Taiwan, Jepang, Korea Selatan, Saudi Arabia, Uni Emirat Arab, Qatar, Oman, Nigeria, Nepal, Uzbekhistan, Tajikistan, dan Timor Leste.

Rektor Telkom University Prof. Adiwijaya dalam sambutannya mengucapkan selamat dan terimakasih kepada orangtua wisudawan yang mempercayakan putra/putrinya kepada Telkom University.

“Semoga jeri payah Bapak/Ibu diberikan pahala yang berlipat oleh Allah SWT dan Semoga seluruh ilmu yang telah dipelajari oleh para wisudawan mendapat berkah untuk perjalanan masa depan anda.” Ucapnya.

Ungkapan rasa bangga Rektor sampaikan kepada seluruh wisudawan/I, dan seluruh tamu undangan, bahwa di tahun ini Tel-U meraih predikat sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) pada 16 Agustus 2019 lalu.

“Alhamdulillah kita meraih peringkat pertama PTS di Indonesia, dan peringkat 14 untuk seluruh PT (Perguruan Tinggi) di Indonesia termaksud Negeri, capaian ini merupakan peningkatan dari tahun sebelumnya dimana pada tahun 2018 kami menempati peringkat 33 untuk seluruh PT di Indonesia termaksud negeri.” Ucapnya.

Adiwijaya menambahkan nanti pada Hari kebangkitan Teknologi Nasional (HARTEKNAS) pada 27 Agustus 2019 di Denpasar,Bali, Telkom University juga akan menerima penghargaan Widya Padhi sebagai perguruan tinggi dengan inovasi terbaik (pengelolaan, produk perusahaan startup dan spin off terbaik) oleh Kemenristekdikti.

“Kita sudah mendapat undangan bahwa Tel-U masuk kedalam 3 besar anugerah Iptek dan Inovasi 2019, pada tahun sebelumnya kita meraih peringkat ke-3 untuk anugrah Widya Padhi dimana peringkat 1 dan 2 nya merupakan PTN (Perguruan Tinggi Negeri), pada tahun ini pun Tel-U merupakan satu-satunya PTS yang masuk kedalam 3 besar anugrah Widya Padhi.” Jelasnya.

Rektor menambahkan selain prestasi Insitusi ini, perlu disampaikan bahwa baru saja salah satu dosen Telkom University, yakni Grisna Anggadwita yang merupakan dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) paper nya berhasil meraih penghargaan International dari Emerald Award untuk kategori Journal of Science and Technology Policy Management

“Emerald Award sendiri merupakan publisher international, dimana paper yang masuk disini akan melalui ratusan editor dari seluruh dunia yang memilih jurnal tersebut untuk menjadi pemenang, Ibu Ghina merupakan 1 dari 18 peneliti di Indonesia yang meraih penghargaan tersebut.” Ucapnya.

Prestasi lainnya juga diraih oleh mahasiswa Telkom University dalam kancah Internasional, dimana mahasiswa Telkom University yang bergabung dalam Paduan Suara Telkom University (Tel-U Choir) berhasil meraih kemenangan dalam ajang “Taipei International Choral Competition (TICC) 2019” di Taipei.

Choir Tel-U berhasil meraih 1st Place of Youth Choir Category, 1st Place of Contemporary Music Category, 1st Place of Ethnic/Traditional Music Category, Special Jury Prize on Creative Choreography dan Grand Prix Winner of Taipei International Choral Competition (TICC) 2019.

“Penghargaan ini merupakan suatu kebanggaan bagi Telkom University, lebih dari itu, Tel-U juga telah mengharumkan nama Indonesia dalam kancah Internasional.” Ucap Rektor.

Telkom University memiliki Visi untuk 5 tahun kedepan Menjadi research and entrepreneurial university pada tahun 2023, yang berperan aktif dalam pengembangan teknologi, sains dan seni berbasis teknologi informasi.

Sejalan dengan hal tersebut Prof. Adiwijaya mengatakan bahwa memasuki usia ke-6 ditahun 2019 ini Telkom University berupaya untuk mimiliki Digital Resource Excellence dimana ini merupakan penyedia konten-konten e-learning yang bisa diakses oleh seluruh masyarakat umum dari dalam ataupun luar negeri.

“Kami (Tel-U) memasuki tahun 2020 memiliki target kita harus memiliki Digital Education Exellence, dan ditahun 2021 Tel-U memiliki International Research Quality Exellence ditandai  dengan top 15 National versi Scopus, kemudian kami akan menanamkan budaya Entrepreuner dengan memiliki Entrepreneurial Culture University Excellence yang sudah ditanamkan sebelumnya, dan pada tahun 2023 Ecosystem Entrepreneur sudah benar-benar tertanam dengan kualitas yang sangat baik dan menjadi Universitas dengan QS Star berbintang 5.” Ucapnya

Selanjutnya hasil-hasil dari program Entrepreneurial University bukan cuma wacana, tetapi Tel-U telah menunjukan dengan terbentuknya startup-startup yang dibangun dengan ekosistem model di Bandung Techno Park.

“Kami telah menghasilkan 16 Startup dimana 9 diantara telah mandiri seperti aruna.id dengan penghasilkan lebih dari 1 milayar pertahunnya dan berhasil mendapatkan Grand Winner on 2019 Alipay NUS Enterprise Social Innovation Challenge, kami berharap, startup yang lain akan menyusul dan terus memberikan yang terbaik untuk bangsa ini.” Jelasnya.

Masih dalam suasana ulangtahun Telkom University ke-6, dan HUT ke-74 Republik Indonesia, Rektor berharap agar lulusan-lulusan Telkom University bias berkontribusi dalam memajukan bangsa ini.

“Sejalan dengan Tema HUT Ke-74 RI, saya berharap alumni Telkom University tetap menjadi yang terbaik dan berkontribusi dalam mewujudkan Sumber Daya Manusia untuk Indonesia Maju.” Tutupnya. (***)