30 Nov 2019

Telkom University Kukuhkan 3.063 Wisudawan

BANDUNG, Telkom University – Sidang Terbuka Senat Telkom University (Tel-U) dengan agenda wisuda  Magister, Sarjana, dan Ahli Madya Periode I Tahun Akademik 2019/2020 diselenggarakan pada Juma’at & Sabtu (29 – 30 November 2019). Sidang yang diselenggarakan di Gedung Benggala atau Telkom University Convention Hall (TUCH).

Pada kesemptan ini Dr. Ismail selaku ketua Senat Universitas Telkom mengukuhkan 3.063 wisudawan dari 28 program studi, di antara 32 program studi pada tujuh fakultas di Telkom University.

Dimana pada wisuda periode I ini akan dibagi menjadi 3 sesi wisuda, dihari pertama pelaksanaan nya dimulai pukul 6:30 – 11:00 dengan wisudawan yang berasal dari Fakultas Komunikasi dan Bisnis (196 Wisudawan/i), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (286 Wisudawan/i) dan Fakultas Ilmu Terapan (477 Wisudawan/i). Sedangkan untuk hari kedua akan berlangsung pada pukul 6:30 – 11:00 dengan wisudawan yang berasal dari Fakultas Informatika (427 Wisudawan/i) dan Fakultas Industri Kreatif (668 Wisudawan/i), dilanjutkan sesi ke-3 pada pukul 13:00 – 16:30 dengan wisudawan yang berasal dari Fakultas Teknik Elektro (644 Wisudawan/i) dan Fakultas Rekayasa Industri (365 Wisudawan/i).

Setelah melalui prosesi pelantikan ini para wisudawan akan bergabung dengan Forum Alumni Universitas Telkom (FAST) dengan jumlah alumni sebanyak 48.806 orang dan tersebar di 30 negara antara lain Amerika Serikat, Brazil, Australia, Selandia Baru, United Kingdom, Netherland, Swedia, Norwegia, Perancis, Jerman, Belgia, Polandia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Vietnam, Cambodia, China, Taiwan, Jepang, Korea Selatan, Saudi Arabia, Uni Emirat Arab, Qatar, Oman, Nigeria, Nepal, Uzbekhistan, Tajikistan, dan Timor Leste.

Rektor Telkom University Prof. Adiwijaya dalam sambutannya mengucapkan selamat dan terimakasih kepada orangtua wisudawan yang mempercayakan putra/putrinya kepada Telkom University.

“Semoga jeri payah Bapak/Ibu diberikan pahala yang berlipat oleh Allah SWT dan Semoga seluruh ilmu yang telah dipelajari oleh para wisudawan mendapat berkah untuk perjalanan masa depan anda.” Ucapnya.

Ungkapan rasa bangga Rektor sampaikan kepada seluruh wisudawan/I, dan seluruh tamu undangan, bahwa di tahun ini Tel-U meraih predikat sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) pada Agustus 2019 lalu.

“Prestasi demi Prestasi telah diraih Telkom University, hingga saat ini Telkom University sebgai PTS terbaik no.1 di Indonesia terus berkomitmen untuk memberikan lulusan-lulusan dan kontribusi yang baik untuk bangsa ini.” Jelasnya.

Selain raihan PTS terbaik Telkom University juga berhasil meraih penghargaan Widya Padhi sebagai perguruan tinggi dengan inovasi terbaik (pengelolaan, produk perusahaan startup dan spin off terbaik) oleh Kemenristekdikti.

“Dibulan ini kami (Telkom University) juga berhasil masuk dalam klaster tertinggi versi kemenristek, dimana ini merupakan peningkatan Tel-U yang sebelumnya duduk di klaster Utama saat ini berhasil masuk dalam klaster mandiri (Tertinggi) untuk Kinerja Penelitian Kemenristek.” Ucapnya.

Dalam pengabdian kepada masyarakat juga Rektor menambahkan kalau Telkom University berdasarkan pemeringkatan yang diberikan Kemenristek bahwa Telkom University berhasil menduduki predikat sangat baik pada pemeringkatan perguruan tinggi berbasis kinerja pengabdian kepada masyarakat untuk periode tahun 2016-2019.

“Ini adalah bukti kami sebagai perguruan tinggi terbaik untuk selalu memberikan yang terbaik untuk masyarakat sekitar, dan kita terus mengedukasi masyarakat guna menciptakan SDM yang unggul untuk Indonesia.” Jelasnya.

Rektor menambahkan bahwa pada Selasa, 3 Desember 2019 besok, bertepatan dengan 10 tahun UI Green Meric, dimana UI (Universitas Indonesia) mengumumkan 10 Universitas terbaik di Indonesia dalam UI Green Metric World Ranking 2019.

“Berdasarkan undangan yang kami terima, bahwa pada pemeringkatan UI Greem Metric tahun ini Telkom University berhasil masuk dalam peringkat 4 dimana pada tahun sebelumnya menempati peringkat 9, ini merupakan capaian yang sangat baik untuk Telkom University karena berkomitmen dalam pengelolaan lingkungan hidup di kampus.” Ucapnya.

Pada kesempatan wisuda kali ini Telkom University juga memberikan penghargaan kepada para wisudawan/I Telkom University dalam bidang Inovasi dan Entrepreneurship, dimana ada 2 wisudawan tersebut adalah Bagas Respati Muhammad dari Fakultas Komunikasi dan Bisnis dengan nama usaha Crema Koffie dan Teuku Muhammad Raza Iqbal dari Fakultas Rekayasa Industri dengan nama usaha Tekinesia (e-Garage dan Garasi Kampus).

Prof. Adiwijaya mengatakan bahwa Telkom University memiliki Visi untuk 5 tahun kedepan Menjadi research and entrepreneurial university pada tahun 2023, yang berperan aktif dalam pengembangan teknologi, sains dan seni berbasis teknologi informasi.

“Penghargaan ini merupakan bentuk dukungan Tel-U dalam menciptakan entrepreneur-entrepreneur baru di Indonesia, selain itu saat ini kami telah menghasilkan 16 Startup dimana 9 diantara telah mandiri seperti aruna.id dengan penghasilkan lebih dari 1 milayar pertahunnya dan berhasil mendapatkan Grand Winner on 2019 Alipay NUS Enterprise Social Innovation Challenge, kami berharap, startup yang lain akan menyusul dan terus memberikan yang terbaik untuk bangsa ini.” Jelasnya.

Rektor berpesan kepada seluruh wisudawan/I, Telkom University sebagai pencetak pemimpin-pemimpin masa depan ada tiga parameter yang menunjukan seseorang itu dikatakan well educated, terutama dalam menghadapi perkembangan teknologi yang sangat pesat.

“Yang pertama, Kreatifitas dan Inovasi harus menjadi habit sehingga tidak hanya bisa menggunakan teknologi tetapi bisa memanfaatkan teknologi untuk mengakselerasi solusi untuk mengatasi problem-problem yang ada. Selain itu, kita juga harus terus mampu mengevaluasi dan mengintrospeksi diri sehingga bisa melakukan continuous improvement dalam rangka mewujudkan pribadi yang lebih baik dari hari kehari. Selanjutnya, jangan lupa apa yang kita lakukan harus selalu comply dengan norma dan aturan yang berlaku. Dengan demikian sebagai lulusan Telkom University para wisudawan bisa dikatakan Well Educated.” Ucap Rektor.

(NAI)