20 Feb 2021

Telkom University Siap Hasilkan Digital Talent Untuk Indonesia

BANDUNG, Telkom University – Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) Hary Budiarto, menyambangi Telkom University, Jum’at (19/2).

Kunjungan diawali dengan melihat fasilitas Telkom University, yakni Laboratorium Telecom Infra Project (TIP) yang pada akhir tahun lalu diresmikan oleh Menteri Kominfo Johnny G. Plate.

Tujuan dari kunjungan ini, Hary menyampaikan bahwa, ada 2 program yang ingin disampaikan kepada Telkom University, yakni program, Digital Talent Scholarship, dimana sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Indonesia untuk membantu percepatan ekonomi digital dibutuhkan setidaknya 9 juta talent digital di tahun 2035.

“Kedatangan kami kesini ingin bekerjasama dengan Telkom University untuk mewujudkan arahan presiden tersebut, dimana untuk mencapai itu semua, paling tidak setiap tahun harus ada 100 ribu digital talent yang mampu dihasilkan, maka dari itu, diharapkan Telkom University mampu berkontribusi untuk menghasilkan digital talent di masa depan.” Jelasnya.

Dan pada tujuan yang kedua adalah, Hary menambahkan ingin meningkatkan kolaborasi dalam bidang riset dengan Telkom University khususnya dalam bidang telekomunikasi Open RAN (Radio Access Network) yang merupakan teknologi perangkat radio akses yang mengadopsi konsep interface.

“Kami sebelumnya sudah berbicara dengan dosen Telkom University yakni bapak Khoirul Anwar, bahwa ingin melakukan riset bersama khususnya untuk Open RAN, dimana kolaborasi ini ditujukan untuk bersama-sama memajukan dunia telekomunikasi di Indonesia.” Jelasnya.

Rombongan Kemenkominfo yang disambut langsung oleh Rektor Telkom University, Prof. Adiwijaya, dalam sambutannya Prof. Adiwijaya menyampaikan terimakasih atas kunjungan yang dilakukan oleh Kementerian Kominfo.

“Tujuan kami (Telkom University) adalah ingin terus berkontribusi untuk bangsa, dimana salah satunya adalah mencetak generasi unggul untuk Indonesia, sejalan dengan program yang ada di Kominfo, kami juga telah memiliki program dalam mencetak talent-talent digital untuk Indonesia, dimana kami bekerjasama dengan Telkom Indonesia memiliki program Telkom Digital Talent Incubator, dan kami siap mencetak digital talent untuk Indonesia.” Ucapnya.

Previous Article Next Article

Tinggalkan Balasan