29 Apr 2019

Pentingnya Bahasa Inggris dalam Mengembangkan Usaha Pelaku UKM

Tidak dapat dipungkiri bahwa peran bahasa Inggris sangat penting untuk mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Melalui perbincangan dengan pihak Panguyuban Pengusaha Kecil dan Menengah (PPKM) Kabupaten Bandung, bahwa sedemikian penting Bahasa Inggris dalam mengembangkan usaha para pelaku UKM karena para pelaku UKM dituntut berjualan secara online, yang terkadang mereka bertemu dengan pembeli dari luar negeri. Jadi para pelaku UKM harus siap untuk itu. Di era digital, dimana sudah tidak ada lagi batas wilayah, maka penguasaan Bahasa Inggris menjadi suatu keniscayaan. Apalagi untuk para pebisnis seperti UKM menguasai Bahasa Inggris menjadi hal yang penting.

Sebagai langkah kontinuitas kegiatan pengembangan sumber daya, telah dilaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) pada hari Sabtu, tanggal 30 Maret 2019 yang merupakan lanjutan dari kegiatan sebelumnya yang telah diselenggarakan pada tanggal 5 Mei 2018 dengan tema Pendampingan Persiapan Internasionalisasi pada UMKM Komunitas Digital Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Bandung.

Bila sebelumnya, program pendampingan lebih ditekankan pada pengenalan mengenai potensi industri kreatif di kancah internasional, bahasa iklan, serta mendeskripsikan produk dalam bahasa Inggris, maka pada Abdimas kali ini, dua topik telah disajikan yaitu (1) Pengenalan Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Introduction to Small and Medium Enterprise Development); dan (2) Bahasa Inggris Efektif untuk Memasarkan Produk secara Global (Effective Business English for Marketing Products Globally).