09 May 2016

Tiga Tim Robot Tel-U Lolos ke Tingkat Nasional

BANDUNG, TEL-U – Telkom University (Tel-U) kembali menorehkan prestasi cemerlang di ajang kontes robot. Pasalnya pada gelaran Kontes Robot Indonesia (KRI) Regional II 2016 yang diselenggarakan oleh Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti), tiga tim dari Tel-U menyabet juara pada tiga kategori yang dipertandingkan.

Kategori yang dimenangkan oleh Tel-U adalah: 1) Juara 1 Kategori Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) Berkaki yang diraih oleh Tim Ferch Armadeiras; 2) Juara 2 Kategori Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) yang diraih Tim Badaya SAS; dan 3) Juara Harapan kategori Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI) yang dimenangkan oleh Tim Roobics.

Ajang kontes robot ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Kemenristek Dikti dengan skala nasional. Pada KRI Regional II 2016, kontes robot tersebut berlangsung di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung dan berlangsung dari Kamis hingga Sabtu (28-30/4).

Dalam kategori KRPAI Berkaki, Tim Ferch Armadeiras berhasil memenangkan lomba ini dengan robot Arjuna. Robot ini dikembangkan oleh Fareza Rizky Ramadhan (Teknik Elektro 2013), Dewa Satria Irawan (Teknik Elektro 2013), Aditya Putra Laksana (Teknik Elektro 2013), Amar Ma’ruf (Teknik Elektro 2014), dan Swido Gari Tidargo (Teknik Elektro 2014).

Adapun pada kategori KRSTI, Tim Badaya SAS berhasil meraih juara 2 dengan robot Doi dan robot Brew. Dua robot ini merupakan besutan dari M. Abid Irwan (D3 Teknik Telekomunikasi 2014), Aris Pujud Kurniawan (Sistem Komputer 2015), M. Agung Baskoro (D3 Teknik Komputer 2013), dan Lutfi Fauzi (D3 Teknik Telekomunikasi (2015).  Dalam pembuatan robot Doi dan Robot Brew, tim juga dibantu oleh Megatari Wahyuningrum (D3 Teknik Komputer), Indah Trizkiyani (D3 Teknik Komputer), Rakhmi (Sistem Komputer), dan Ryan Febriansyah (D3 Teknik Telekomunikasi).

Kategori KRSTI kali ini mengangkat tema Robot Penari Topeng Betawi. Setiap tim diharuskan membuat robot humanoid maksimum dengan dua robot otomatis dan mampu melakukan gerak tari untuk mengikuti musik kesenian Topeng Betawi.

Sedangkan pada kategori Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI),  Tim Roobics berhasil meraih juara harapan dengan eco-robot Black Pearl dan hybrid-robot Humpback. Dua robot ini dikembangkan oleh Hendriadi Mukri (Teknik Telekomunikasi 2013), Andri Dwi Septian (Sistem Komputer 2014), Eduardus Antoni Setyawan (Teknik Elektro 2014), Alyani Durrah Fauzan (Teknik Elektro 2014), Khikmah Nur Dwi Nofanti (Teknik Elektro 2013), dan Robby Yanuar Setiadi (Teknik Elektro 2014).

Pada tahun ini, kategori KRAI mengangkat tema Efisiensi Energi Terbarukan. Eco-robot dan hybrid-robot mempunyai tugas untuk memasang propeller ke mesin turbin dengan harus melewati beberapa tahap rintangan terlebih dahulu.

Dengan raihan ini, ketiga tim dari Tel-U kemudian akan mewakili regional II untuk berkompetisi dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) Nasional yang akan berlangsung di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) pada tanggal 1-4 Juni mendatang. (purel/EAD)