21 Nov 2019

Tumbuhkan Kesadaran Pajak Melalui Pajak Bertutur

BANDUNG, Telkom University – Guna membangun masa depan perpajakan Indonesia, maka perlu dipersiapkan generasi bangsa yang memiliki kesadaran pajak yang lebih baik. Budaya sadar pajak harus ditanamkan sejak dini melalui pendidikan agar kesadaran pajak menjadi salah satu karakter generasi bangsa yang cinta tanah air dan bela negara melalui kesadaran melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan.

Melihat hal tersebut Telkom University bersama Direktorat Jendral Pajak (DJP) menggelar acara Pajak Bertutur yang berlangsung di Gedung Missou Fakultas Ekonomi dan Bisnis Telkom University, Kamis, (21/11).

Neilmaldrin Noor selaku kepala kantor wilayah DJP Jawa Barat I menjelaskan bahwa menumbuhkan kesadaran pajak harus ditanamkan sejak dini, hal tersebut guna menciptakan bangsa yang makmur dimasa depan. Sebagaimana diketahui bersama bahwa denyut nadi pembangunan di Indonesia bersumber dari APBN yang sebagian besar (sekitar 76%) ditopang dari penerimaan perpajakan.

“Sesuai data yang dihimpun bahwa selama kurun waktu 2009-2018, penerimaan pajak belum pernah mencapai 100% dari target yang ditetapkan, oleh karena itu saat ini kesadaran pajak harus ditanamkan sejak dini, diperlukan sikap sadar dan taat pajak dari segenap warga negara Indonesia sebagai bentuk kegotongroyongan warga negara dalam memikul beban pembangunan.” Ucap Neilmaldrin dalam sambutannya.

Acara yang berlangsung serentak di beberapa kantor wilayah DJP di seluruh Indonesia ini diikuti oleh peserta mulai dari Seolah Dasar hingga Perguruan Tinggi, dimana untuk saat ini Telkom University berkesempatan menjadi tuan rumah, diharapkan dengan acara Pajak Bertutur tersebut dapat menjadi penarik perhatian masyarakat dan pemangku kepentingan dunia pendidikan untuk menyadari adanya program pajak masuk dalam pendidikan dan selanjutnya memberikan dukungan sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.

Pada kesempatan kali ini berlangsung penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Telkom University dengan Kantor Wilayah DJP Jawa Barat I, yang ditandatangani langsung oleh Rektor Telkom University Prof. Adiwijaya dan kepala kantor wilayah DJP Jawa Barat I Neilmaldrin Noor.

Kedua belah pihak sepakat untuk meningkatkan kesadaran pajak pada pendidikan tinggi, dimana ruang lingkup perjanjian ini adalah untuk peningkatan kesadaran pajak peserta didik, tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan para pemangku kepentingan pendidikan tinggi melalui tri dharma perguruan tinggi serta kesadaran Telkom University menjadi perguruan tinggi Piloting Inklusi sadar pajak.

Prof. Adiwijaya dalam sambutannya mengatakan bahwa kesadaran pajak yang harus dimiliki oleh seluruh masyarakat Indonesia adalah guna menumbuhkan rasa cinta kepda tanah air, dimana dengan sadar pajak kedepannya seluruh masyarakat Indonesia akan merasakan perkembangan yang terjadi di negeri ini.

“Dari sekarang rasa sadar pajak harus ditanamkan guna menciptakan generasi emasi 2045, karena kesadaran membayar pajak saat kalian nanti para mahasiswa sudah bekerja akan kalian rasakan perkembangan yang terjadi di Indonesia di masa depan.” Ucapnya.

Dalam acara ini juga berlangsung peresmian Tax Center Telkom University oleh Rektor Tel-U Prof. Adiwijaya dan Neilmaldrin Noor.

(NAI)