Kolaborasi

Telkom Univesity banyak menjalin kerjasama baik dengan universitas dari dalam negeri maupun luar negeri. Universitas luar negeri yang bekerjasama dengan Telkom University salah satunya yaitu Kumamoto University, Curtin University, Fontys University of Applied Science, Kanazawa University, Seoul University dan masih banyak universitas bergengsi lainnya.  Selain dengan universitas, Telkom University juga menjalin kerja sama dengan perusahaan-perusahaan ternama seperti PT. Pos Indonesia, Ericsson, Citilink, dan Xin Networks.

Fasilitas

Telkom university menyediakan fasilitas yang baik bagi mahasiswanya demi menunjang proses belajar mengajar. Fasilitas yang memadai merupakan salah satu aspek yang penting dalam sebuah institusi pendidikan. Maka dari itu Telkom University menyediakan fasilitas yang mumpuni bagi mahasiswanya demi menunjang proses belajar mengajar. Fasilitas yang disediakan pun terbilang lengkap mulai dari gedung kuliah, fasilitas belajar, sarana olahraga, tempat kegiatan, asrama dan fasilitas penunjang lainnya. Salah satu fasilitas yang paling menarik perhatian adalah Telkom University Open Library yaitu perpustakaan yang telah mendapatkan akreditasi “A” dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Keunggulan

Civitas Akademika Telkom University mendapatkan berbagai macam prestasi dalam bidang akademik yaitu:

  1. Juara II Kontes Robot Sepak Bola Indonesia
  2. Juara I Kontes Robot ABU (Asia-Pacific Broadcasting Union) Indonesia ? Di kirim ke Asia-Pacific
  3. First Prize in Huawei ICT Competion Southern Pacific Region 2018-2019

Selain menunjang kegiatan akademik dengan memberikan fasilitas gedung perkuliahan, Telkom University juga memberikan sarana untuk mendukung serta mewadahi potensi diri Mahasiswa/i yang akan maupun yang sedang menempuh masa studi mereka di kampus dengan membangun 56 unit kegiatan mahasiswa (UKM) serta 156 laboratorium dan study group.

Kewirausahaan

Civitas Akademika Telkom University mendapatkan berbagai macam prestasi dalam bidang Non-akademik yaitu:

  1. Perusahaan ARUNA (https://aruna.id/) yang didirikan oleh alumni Tel-U dan hasil program inkubasi Bandung Techno Park berhasil mendapatkan “Grand Winner on 2019 Alipay NUS Enterprise Social Innovation Challenge” serta berhasil mendapatkan omset 800K USD di tahun 2018.
  2. Perusahaan SMASH (https://banksampah.id/) yang didirikan oleh alumni sekaligus dosen Tel-U dan hasil program inkubasi berhasil mendapatkan Silver Awards Winner
    Asia Smart App Awards WTIA Hongkong 2019

Reputasi

Telkom University yang diresmikan pada Agustus 2013 hingga saat ini telah meraih banyak penghargaan baik Nasional maupun Internasional. Di usianya yang baru 3 tahun tepatnya pada Desember 2016 Telkom University telah Terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan akreditasi “A”. Kini Tel-U menjadi salah satu dari 88 perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki nilai Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) A atau Unggul. Sebagaimana diketahui jumlah perguruan tinggi di Indonesia saat ini secara keseluruhan mencapai 4.565, artinya jumlah perguruan tinggi di Indonesia dengan akreditasi A atau Unggul hanya 1,92% saja.

Telkom University mendapatkan predikat bintang 5 dari QS Rating untuk beberapa kategori berikut:

Teaching

Proses belajar mengajar di Telkom University telah ditetapkan oleh bagian Sistem Informasi yang terletak di gedung Panambulai lantai 1. Jadwal yang disusun meliputi jam kuliah, dosen, mahasiswa yang berkuliah, serta gedung perkuliahan disusun rapi dengan tujuan agar mahasiswa maupun dosen dapat disiplin dalam menggunakan waktu dan juga tempat yang telah disediakan. Selain itu, penjadwalan ini dibentuk agar tidak ada jadwal yang bentrok antara perkuliahan yang satu dengan yang lainnya.

Innovation

Berbagai macam inovasi telah diciptakan oleh Telkom University untuk menunjang sekaligus memberikan kenyamanan bagi civitas akademika. 

Employability

Telkom University berkeinginan untuk mencetak lulusan yang unggul dan berkualitas dengan cara menyediakan pengembangan minat dan bakat yang akan memiliki pengaruh cukup besar agar Mahasiswa/i memiliki kemampuan kerja yang baik sebelum terjun langsung ke perusahaan yang diinginkan.

Inclusiveness

Penghargaan

  1. Kemenristek DIKTI Telkom University berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Perguruan Tinggi Swasta Terbaik (PT ke-14 Seluruh Indonesia) versi pemeringkatan Kemenristek DIKTI 2019.
  2. Webometric Berdasarkan penilaian Webometric Telkom University dinobatkan sebagai Perguruan Tinggi Swasta No.1 tahun 2019. Hal ini dihitung berdasarkan empat indicator yaitu ‘presence’ peringkat 618, ‘impact’ 835, ‘openness’ 8602 dan ‘excellent’
  3. Widya Padhi 2019 Tahun 2019 Telkom University termasuk kedalam 3 Besar Perguruan Tinggi dalam penghargaan  Besar Widyapadhi Se-Indonesia sebagai perguruan tinggi dengan inovasi terbaik dari segi pengelolaan, produk perusahaan startup dan spin off terbaik oleh Kemenristekdikti.
  4. Widya Kridha Pada tahun 2017 Telkom University meraih penghargaan Anugerah Widya Kridha untuk mengapresiasi prestasi lembaga non-pemerintah dan kelompok masyarakat atas dukungannya dalam mendorong penguatan sistem inovasi.
  5. SINTA Award Pada tahun 2018, Science and Technology Index Awards atau SINTA Award menobatkan Telkom University sebagai Perguruan Tinggi Swasta No.1 dengan produktivitas publikasi tertinggi untuk kategori Perguruan Tinggi Swasta (PTS).
  6. Anugrah Ditjen Belmawa Kemenristekdikti 2018 Tahun 2018 Telkom University mendapatkan Anugrah Ditjen Belmawa Kemenristekdikti 2018 dalam Pengelolaan Kemahasiswaan terbaik (Kategori non Lomba)
  7. Penghargaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Pada tahun 2019 Telkom University meraih Penghargaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) untuk Perguruan Tinggi dengan Permohonan Desain Industri Terbanyak Telkom University termasuk kedalam Top 10 sebagai Perguruan Tinggi Terhijau menurut Greenmetric pada tahun 2018. Selain itu menurut versi green matric Telkom University merupakan kampus hijau nomor 150 sedunia.
  8. Scimago Scimago merupakan kelompok penelitian dari Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), Universitas Granada, Extremadura, Carlos III (Madrid) dan Alcala de Henares, yang didedikasikan untuk analisis informasi, representasi dan pengambilan kembali melalui teknik visualisasi. Pada tahun 2018 Telkom University mendapatkan penghargaan sebagai Perguruan Tinggi Swasta dengan produktivitas publikasi jurnal internasional versi SCIMAGO.