Workshop Kegiatan Kemitraan PTV – IDUKA
17 Nov 2020

Workshop Kegiatan Kemitraan PTV – IDUKA

Workshop Kegiatan Kemitraan PTV – IDUKABandung, Telkom University – Telkom University sebagai PTS Terbaik No. 1 di Indonesia terus aktif meningkatkan kualitas dalam mencapai Research and Entrepreneurial University. Hal ini tercermin dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam mencapai visi tersebut.

Telkom University melalui Fakultas Ilmu Terapan (FIT) mengadakan Workshop Kegiatan Kemitraan PTV – IDUKA. Acara ini diselenggarakan secara daring pada Jumat (13/11) melalui ZOOM Meeting dan disiarkan langsung pada kanal YouTube Fakultas Ilmu Terapan Telkom University.

Mengusung tema ‘Sarana dan Dukungan Reseller untuk Marketing dan Sales’, Dr. Arfianto Fahmi, ST., M.T., selaku Dekan Fakultas Ilmu Terapan Telkom University menjelaskan bahwa melalui workshop ini para mitra UMKM dapat mengembangkan bisnisnya. Kegiatan ini sejalan dengan program Pemerintah yang diberikan kepada perguruan tinggi vokasi terutama fakultas-fakultas yang memfokuskan diri pada program Pendidikan vokasi untuk mengembangkan link and match dengan Industri Dunia Usaha dan Dunia Kerja (IDUKA).

UMKM ini termasuk dalam IDUKA, sehingga ini yang memotivasi Fakultas Ilmu Terapan pada 2020 mengusulkan program untuk meningkatkan kolaborasi dengan IDUKA kepada pemerintah dalam hal ini adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Saat ini di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, ada satu direktorat baru khusus yang membidangi masalah vokasi dan kemarin kami mengusulkan program link and match dengan IDUKA dan Alhamdulillah kita menjadi satu dari sebelas perguruan tinggi vokasi di Indonesia menjadi pilot project untuk mengembangkan kolaborasi dengan IDUKA dan kegiatan ini adalah bagian dari program Kerjasama kita dengan IDUKA terutama pada UMKM,” ucapnya.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UMKM 2019, UMKM memberikan masukan pada negara sebesar lima puluh persen, termasuk tempat berkumpulnya SDM sebesar sembilan puluh persen ada di UMKM. Melalui program ini juga kemampuan teknis keterampilan baik itu dosen maupun mahasiswa akan meningkat karena pada UMKM inilah keterampilan-keterampilan teknis ter-update.

Dr. Arfianto Fahmi mengatakan ini merupakan bentuk dukungan dan kontribusi Fakultas Ilmu Terapan Telkom University  terhadap pengembangan UMKM di Indonesia. Salah satu dukungan yang diberikan yaitu dalam menyediakan platform atau aplikasi yang membantu UMKM untuk meningkatkan UMKM tradisional menjadi modern melalui tools IT.

“Melalui program ini diharapkan dapat memberikan manfaat untuk banyak pihak, untuk dosen kami, mahasiswa kami, dan bagi UMKM sebagai mitra kami. Dan hari ini adalah bentuk sharing kami bagaimana sarana dan dukungan untuk reseller keperluan marketing dan sales untuk kita sama-sama bisa definisikan.”

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pemaparan materi dan diskusi yang diikuti oleh dua puluh lima UMKM dengan pemateri yaitu Harizal selaku Humas Dekranasda Bandung.

Tinggalkan Balasan