Keunggulan

Beberapa keunggulan dari Telkom University

Fakta & Gambar

Beberapa fakta dan gambar tentang Telkom University

Akreditasi Unggul

Telkom University berhasil meraih akreditasi Unggul, dan menjadi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) pertama di Indonesia yang meraih akreditasi Unggul. Arti dari akreditasi Unggul sendiri adalah ketika perguruan tinggi berhasil mendapatkan akreditasi unggul, dapat dikatakan bahwa universitas tersebut sangat baik mengenai prestasi yang ada di dalamnya dan telah melampaui Standar Nasional Pendidikan Tinggi di Indonesia.

Akreditasi A

Telkom University merupakan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) pertama di wilayah Jawa Barat & Banten yang pertama kali mengantongi akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) di tahun 2016. Hingga saat ini Hanya 104 Perguruan Tinggi terakreditasi A dari Total Perguruan Tinggi di Indonesia (4.603 Perguruan Tinggi)

PTS No 1

Telkom University meraih predikat sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik No. 1 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dua tahun berturut-turut pada tahun 2019 dan 2020. Pemeringkatan Perguruan Tinggi berfokus pada indikator atau penilaian yang berbasis Output – Outcome Base, yaitu dengan melihat Kinerja Masukan dengan bobot 45% yang meliputi kinerja Input (20%) dan Proses (25%), serta Kinerja Luaran dengan bobot 55% yang meliputi Kinerja Output (25%), dan Outcome (30%). Berdasarkan indikator penilaian tersebut, Telkom University unggul dari sisi outcome yaitu pada kinerja inovasi dan pengabdian masyarakat, jumlah sitasi dan paten per dosen serta persentase penyerapan lulusan oleh industri dalam waktu 6 bulan.

PTS No 1

Telkom University meraih predikat sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik no 1 dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia di tahun 2019. Berdasarkan indicator penilaian yang diberikan kemenristekdikti, Telkom University yang paling menonjol dari sisi proses jumlah akareditasi prodi (Program Studi), sudah 70 % prodi di Tel U terakreditasi A dan 59 % diantaranya terakreditasi internasional

Anugerah Inovasi Indonesia

Telkom University menjadi satu satunya Perguruan Tinggi Swasta yang meraih penghargaan di bidang inovasi yakni Widyapadhi di tahun 2018 dan 2019 untuk kategori manajemen inovasi, dan di tahun 2020 meraih Anugerah Inovasi Indonesia untuk kategori Manajemen Inovasi. Anugerah Widyapadhi merupakan penghargaan atas prestasi Perguruan Tinggi dalam membangun Sistem Inovasi melalui penguatan kebijakan, kelembagaan, sumber daya, dan jaringan inovasi untuk menghasilkan produk inovasi.

Widyapadhi

Telkom University kembali menerima Anugerah IPTEK Widyapadhi 2019, untuk subkategori Manajemen Inovasi. Dari 570 perguruan tinggi yang berpartisipasi, Tel-U berhasil meraih peringkat ke-2 setelah Universitas Hasanuddin diperingkat pertama disusul Universitas Padjadjaran pada peringkat ke-3. Tel-U menjadi satu-satunya PTS (Perguruan Tinggi Swasta) yang terpilih sebagai perguruan tinggi dengan inovasi terbaik (pengelolaan, produk perusahaan startup dan spin off terbaik) untuk sub kategori Manajemen Inovasi oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Klaster Mandiri

Telkom University kembali menempati peringkat terbaik dari Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Ristek/BRIN), dimana Telkom University telah masuk dalam Klaster Mandiri (Tertinggi) untuk Kinerja Penelitian Kemenristek. Hasil ini akan berdampak kepada kuota anggaran penelitian, pengelolaan dana desentralisasi sesuai dengan rencana induk penelitian masing-masing perguruan tinggi, peta kebutuhan program penguatan kapasitas per klaster, dan meknisme pengelolaan penelitian.

Klaster Mandiri

Telkom University kembali menempati peringkat terbaik dari Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Ristek/BRIN), dimana Telkom University telah masuk dalam Klaster Mandiri (Tertinggi) untuk Kinerja Penelitian Kemenristek. Telkom University berhasil meningkatkan kualitas penelitian nya sehingga bisa naik dari klaster utama menjadi klaster mandiri pada periode penilaian tahun 2016-2018.

UI Green Metric

Telkom University berhasil meraih peringkat bergengsi sebagai kampus terhijau ke-9 di Indonesia dan berada di posisi ke-123 dunia dalam pemeringkatan UI GreenMetric World University Rankings 2020. UI GreenMetric merupakan inovasi UI yang telah dikenal luas di dunia internasional sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus. Penilaian UI GreenMetric 2020 dilandasi atas tiga pilar, yakni Lingkungan hidup, Ekonomi, dan sosial dengan bobot indikator penilaian yang terdiri atas Keadaan dan Infrastruktur Kampus (15 persen), Energi dan Perubahan Iklim (21 persen), Pengelolaan Sampah (18 persen), Penggunaan Air (10 persen), Transportasi (18 persen), serta Pendidikan dan Riset (18 persen).

UI Green Metric

Telkom University berhasil meraih predikat kampus hijau dari pemeringkatan UI Green Metric, pada pemeringkatan ini UI mengumumkan 10 Universitas terbaik di Indonesia dalam UI Green Metric World Ranking 2019, dan Tel-U berhasil menempati peringkat ke-9 nasional dan peringkat 135 dunia. Komponen penilaian kampus hijau ini dilihat berdasarkan Setting And Infrastructure, Energy And Climate Change, Waste, Water, Transportation, & Education.

Abdimas Sangat Bagus

Sebagai perguruan tinggi yang menjunjung tinggi Tri Dharma nya, yakni Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, dalam bidang pengabdian kepada masyarakat, berdasarkan pemeringkatan yang diberikan Kemenristek bahwa Telkom University berhasil menduduki predikat sangat baik pada pemeringkatan perguruan tinggi berbasis kinerja pengabdian kepada masyarakat untuk periode tahun 2016-2019.

Abdimas Sangat Bagus

Sebagai perguruan tinggi yang menjunjung tinggi Tri Dharma nya, yakni Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, dalam bidang pengabdian kepada masyarakat, berdasarkan pemeringkatan yang diberikan Kemenristek bahwa Telkom University berhasil menduduki predikat sangat baik pada pemeringkatan perguruan tinggi berbasis kinerja pengabdian kepada masyarakat untuk periode tahun 2016-2019.

Prodi Internasional

Telkom University memiliki 40 Program Studi, dimana 7 Prodi sudah terakreditasi Unggul 26 terkareditasi A dan 19 Prodi telah terakreditasi Internasional dari ABEST 21, ASIC dan IABEE.

Prodi Internasional

Hingga saat ini 70% Program Studi (Prodi) yang ada di Tel-U sudah terakreditasi A. Selain akreditasi nasional, dari 34 Prodi 19 diantaranya sudah mendapat akreditasi Internasional dari ABEST 21, ASIC dan IABEE

QS Stars

Telkom University berhasil meraih Bintang Lima (5 Stars) dari penilaian Quacquarelli Symonds (QS) tahun 2020 yang melingkupi bidang Pengajaran (teaching), Employability, Academic Development, Facilities, Inclusiveness. Melalui pemeringkatan QS World University Rankings (WUR). Telkom University meraih overall score di angka 8.1. Hal ini menjadikan Tel-U masuk dalam jajaran 9 besar perguruan tinggi unggulan di Indonesia. Hasil skor diatas adalah berdasarkan beberapa penilaian diantaranya: Academic Reputation (5); Empoyer Reputation (6.2); Cititation per Faculty (1.3); Faculty Student (24); International Faculty (4.8); dan International Students (2.4).

QS Stars

Penghargaan bintang 5 QS (Quacquarelli Symonds), dimana Indikator QS banyak digunakan oleh universitas di dunia sebagai acuan pengembangan menuju universitas berkelas dunia., penghargaan bintang 5 itu meliputi kategori Teaching, Innovation, Employability, dan Inclusiveness.