Pusat Riset Telkom University

Logo AICOMS Telkom University

AICOMS

AdWiTech, adalah salah satu research center di Universitas Telkom yang memiliki kepakaran dan pengalaman dalam pengembangan 4G, 5G, dan 6G. Dengan kepakaran tersebut, AICOMS memiliki visi untuk menjadi pusat penelitian terdepan di dunia untuk bidang AI dan telekomunikasi melalui: pengembangan model penelitian kolaboratif yang ideal, peningkatan kualitas penelitian, dan penguatan dalam kolaborasi.

IoT Center

Direktorat Research Center Internet of Things (IoT) Universitas Telkom adalah salah direktorat riset yang melakukan kajian mengenai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang IoT, yang mencakup pengembangan produk yang diciptakan untuk melayani kebutuhan pasar, mengadakan pelatihan terkait dengan bidang IoT , serta mengadakan Seminar dan Expo. Bidang studi yang dikembangkan oleh Direktorat Penelitian di IoT Telkom University meliputi: sistem elektronik, sensor, aktuator, Sistem tertanam, sistem komunikasi, jaringan, sistem daya, dan sistem energi

IoT TelU logo2 copy 350x350 1
2 pts no 1 black

PTS No 1

Telkom University meraih predikat sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik no 1 dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia di tahun 2019. Berdasarkan indicator penilaian yang diberikan kemenristekdikti, Telkom University yang paling menonjol dari sisi proses jumlah akareditasi prodi (Program Studi), sudah 70 % prodi di Tel U terakreditasi A dan 59 % diantaranya terakreditasi internasional

DBE 350x350 1

Digital Business Ecosystem

Direktorat Research Center Digital Business Ecosystem (RC DBE) adalah sebuah pusat penelitian yang didirikan pada bulan Juli 2018 sebagai bagian strategi untuk memperkuat kemampuan penelitian Universitas Telkom. RC DBE mempunyai fokus pada pengembangan penelitian sosial. Untuk mencapai tujuan tersebut, RC DBE memanfaatkan kemajuan metodologi dan teknologi mutakhir bidang informasi dan telekomunikasi.

3 widyapadhi white

Widyapadhi

Telkom University kembali menerima Anugerah IPTEK Widyapadhi 2019, untuk subkategori Manajemen Inovasi. Dari 570 perguruan tinggi yang berpartisipasi, Tel-U berhasil meraih peringkat ke-2 setelah Universitas Hasanuddin diperingkat pertama disusul Universitas Padjadjaran pada peringkat ke-3. Tel-U menjadi satu-satunya PTS (Perguruan Tinggi Swasta) yang terpilih sebagai perguruan tinggi dengan inovasi terbaik (pengelolaan, produk perusahaan startup dan spin off terbaik) untuk sub kategori Manajemen Inovasi oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Humic Engineering

HUMiC merupakan research center yang berfokus pada rekayasa teknologi yang terkait dengan penunjang aktivitas manusia sehari-hari. HUMiC berfokus untuk mengembangkan perangkat wearable dan sensor yang terintegrasi dengan tubuh manusia. Di bidang sains, kami juga tertarik untuk mengumpulkan data dan informasi tentang aktivitas tubuh manusia. Dari data dan informasi tersebut kita dapat menggunakan konsep Big Data untuk menciptakan pengetahuan dan informasi yang akurat.

HCE copy 350x350 1
4 klusterisasi black

Klaster Mandiri

Telkom University kembali menempati peringkat terbaik dari Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Ristek/BRIN), dimana Telkom University telah masuk dalam Klaster Mandiri (Tertinggi) untuk Kinerja Penelitian Kemenristek. Telkom University berhasil meningkatkan kualitas penelitian nya sehingga bisa naik dari klaster utama menjadi klaster mandiri pada periode penilaian tahun 2016-2018.

ACN 1 350x350 1

AdCNet

AdCNet merupakan research center Telkom University yang berfokus pada pengembangan jaringan. Research center ini memiliki beberapa konsep diantaranya Computing Infrastructure in Cognitive Network, Computing infrastructure in Adaptive Network, Advanced Automation and Control IoT, Fabrikasi Elektroda Superkapasitor, Teknologi Aplikasi Multimedia, Computing Infrastructure for Big Data and IoT, dan Pengembangan Instrumental

5 Green metric white

UI Green Metric

Telkom University berhasil meraih predikat kampus hijau dari pemeringkatan UI Green Metric, pada pemeringkatan ini UI mengumumkan 10 Universitas terbaik di Indonesia dalam UI Green Metric World Ranking 2019, dan Tel-U berhasil menempati peringkat ke-9 nasional dan peringkat 135 dunia. Komponen penilaian kampus hijau ini dilihat berdasarkan Setting And Infrastructure, Energy And Climate Change, Waste, Water, Transportation, & Education.