20 Sep 2021

31 Tahun Kampus Telkom Terus Berkontribusi Untuk Bangsa

BANDUNG, Telkom University – Berawal dari cita-cita luhur Cacuk Sudarijanto selaku Direktur Utama PT. Telkom Indonesia kala itu, yang berkeinginan membawa PT. Telkom Indonesia menjadi perusahaan yang mampu memberikan pelayanan terbaik, salah satunya dalam hal pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM). Membawa Cacuk Sudarijanto mendirikan Institusi Pendidikan bernama Sekolah Tinggi Teknologi Telkom (STT Telkom) dan MBA Bandung pada 28 September 1990 yang merupakan cikal bakal berdirinya Telkom University.

Pada tahun 2007, atas inisiasi kerjasama NTC (National Institute of Information Technology, India & Telkom Centre) dan Program Profesional STT Telkom membentuk sebuah lembaga Pendidikan vokasi yang berkualitas yang dinamakan Politeknik Telkom. Politeknik Telkom hadir dengan membawa misi untuk berkontribusi kepada bangsa Indonesia dan masyarakat dunia dengan menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan internasional dan memiliki kemampuan berkompetisi secara global.

Di samping itu, untuk melengkapi bidang keilmuan lainnya selain IT dan Manajemen, Yayasan Pendidikan Telkom juga menghadirkan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom) yang telah berdiri sejak tahun 1990 dengan nama Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia (STISI). STISI Telkom bergabung menjadi bagian dari salah satu Institusi Pendidikan di bawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom pada tahun 2010.

Dari mimpi dan harapan yang sudah dijalani oleh empat institusi pendidikan dibawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) yang telah memberikan banyak kontribusi untuk Indonesia, maka untuk mewujudkan mimpi yang lebih besar, Yayasan Pendidikan Telkom menghadirkan Telkom University. Telkom University merupakan penggabungan dari IT Telkom, IM Telkom, STISI Telkom dan Politeknik Telkom yang diresmikan pada tanggal 14 Agustus 2013 oleh Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Prof. Dr. Ir. Muhammad Nuh, DEA.

Memasuki usia ke 31 tahun kampus Telkom, Telkom University (Tel-U) akan terus memberikan yang terbaik untuk bangsa. Pada perayaan puncak hut Telkom University yang mengusung tema “Making New Normal a Better Future A Sustainable Response through Digital Innovation”, Telkom University akan terus berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa dalam mewujudkan Sumber Daya Manusia untuk Indonesia Maju.

Telkom University memiliki visi menjadi Riset dan Entrepreneurial University pada tahun 2023 yang aktif melibatkan perkembangan teknologi sains dan seni dengan berbasis teknologi informasi. Saat ini Telkom University memiliki lebih dari 50.000 alumni (sejak 1990) yang tersebar di berbagai negara. Salah satu yang membuat Telkom University menjadi perguruan tinggi yang unggul adalah eksistensi dari alumni Telkom University yang telah terbukti keahliannya di berbagai bidang.

Sampai saat ini, Tel-U sebagai institusi pendidikan selalu berkomitmen untuk menyediakan pendidikan terbaik bagi generasi muda Indonesia. Sebagai Perguruan Tinggi Swasta terbaik, Telkom University telah meraih Akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), dan memiliki 61% atau 24 Prodi terakreditasi Unggul & A dari 40 Program Studi yang dimiliki. Pada tingkat Internasional sebanyak 19 Program Studi juga telah mendapatkan akreditas antara lain dari IABEE (Indonesian Accreditation Board for Engineering Education), ASIC (Accreditation Service for International Colleges), dan ABEST-21 (The Alliance Board for Engineering Education).

Pada saat ini Telkom University berhasil masuk dalam ranking 451 besar Perguruan Tinggi di Asia versi QS AUR dan mendapatkan 5 Star untuk Teaching, Employability, Development, Facilities, Inclusiveness, Online Learning, dan Program strength: Bachelor of Informatics. Serta Overall meraih 4 Stars University dalam QS Stars Rating System.

Tel-U juga masuk menjadi Top 10 Universitas terbaik di Indonesia versi Times Higher Education World University Ranking serta menjadi peringkat 500 besar dunia dalam kategori Emerging Economies University. Khusus untuk bidang Computer Science Tel-U menduduki peringkat ke-4 serta peringkat ke-6 untuk bidang Engineering dari Times Higher Education World University Ranking, untuk seluruh PT di Indonesia. Serta di tahun ini Telkom University baru saja memperoleh rangking SDGs Impact Kategori Affordable & Clean Energy kita mendapat ranking #18 Dunia dan Kategori Clean Water & Sanitation kita mendapat ranking #7 Dunia.

Rektor Telkom University Prof. Dr. Adiwijaya menyampaikan, peringatan anniversary kali ini, menjadi pengingat bagi Telkom University untuk selalu introspeksi diri, menjaga prestasi, menjaga keseimbangan peran dalam masyarakat, dan terus meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Indonesia.

“Selamat kepada seluruh sivitas akademika pada perayaan Anniversary Telkom University, dan selamat atas semua capaian yang diraih, menurutnya seluruh prestasi dan mutu yang diberikan Telkom University adalah bentuk komitmen Tel-U untuk terus berkontribusi terhadap kemajuan bangsa Indonesia.” Ucapnya.

Ucapan terimakasih juga Prof. Adiwijaya sampaikan kepada seluruh alumni, stakeholders dan seluruh lapisan masyarakat atas dukungannya, sehingga Telkom University bisa terus mencetak generasi bangsa yang unggul.

“Semoga Telkom University tetap menjadi yang terbaik dan terus berkontribusi dalam mewujudkan Sumber Daya Manusia untuk Indonesia Maju.” Ucapnya. (***)

Tinggalkan Balasan