31 Agu 2021

36 Seniman Pamerkan Karya di Gallery Idealoka

BANDUNG, Telkom University – Fakultas Industri Kreatif Telkom University (FIK Tel-U) kembali menggelar Pameran Immediacy of Image ke-2 : The Unmoving, dengan mengusung tema “Still Images within Contemporary Culture”.

Pameran karya seni ini berlangsung secara virtual dan dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat dengan menggunjungi Virtual Gallery Idealoka melalui laman idealokagallery.telkomuniversity.ac.id.

Sebanyak 36 seniman turut memerkan hasil karyanya secara virtual dalam acara ini. Menurut Direktur Galeri Patra Aditia yang juga merupakan dosen FIK. 36 seniman tersebut selain berasal dari Tel-U, terdapat beberapa yang berasal dari luar negeri, antara lain dari Malaysia, Thailand, Jepang dan Taiwan.

“Selain itu seniman professional asal Jepang dan Taiwan juga turut memamerkan hasil karyanya disini.” Ucap Patra.

Menurut Patra pameran internasional yang diselenggarakan secara virtual ini bertujuan untuk menunjukkan cara-cara yang diambil para seniman dalam mengolah citra diam untuk menyuarakan pemikirannya masing-masing terhadap sebuah persoalan.

“Pada pameran ini kita dapat melihat bahwa citra diam menghadirkan tidak semata apa yang nampak di level visualitas, namun juga menunjukkan beragam dinamika, kompleksitas, juga ‘ketimpangan’ yang terjadi dalam tubuh kemanusiaan di lapis-lapis terdalamnya.” Jelasnya.

Dekan FIK Dr. Roro Retno Wulan menjelaskan bahwa, kemajuan teknologi yang ada saat ini telah memberikan akses ke produksi gambar yang bergerak, simulasi atau bahkan virtual. Meskipun demikian, gambar diam tetap terdistribusi dalam prevalensi, menariknya, gambar diam dalam bentuk gambar atau foto tetap lazim meskipun hadir dalam berbagai format.

“Melalui pameran ini kami ingin memberikan wadah untuk para seniman dunia, bahwa dalam kondisi pandemi saat ini kami ingin seninam untuk tetap berkreasi dan memberikan hasil karya seni nya, sehingga dapat menjadi metode pembelajaran bagi mahasiswa.” Ucap Dr. Roro saat acara pembukaan acara Pameran Immediacy of Image ke-2 : The Unmoving 2021, secara virtual Jum’at (27/8).

Rangkaian acara ini selain pameran virtual, juga akan ada 3 acara Art Talk yang akan berlangsung pada:

Art Talk I : 2 September 2021, dengan narasumber Vincent Albert Rumahloine dan Jim Allen Abel, dengan topic Idiomatic of The Still Image.

Art Talk II : 13 September 2021, dengan narasumber Henrycus Napitsunargo dan Sandy Jaya Putra, dengan topic Contemporary Photography in Today’s Context.

Art Talk III : 16 September 2021 dengan narasumber Prof. Dr. Setiawan Sabana dan Dr. Moh Isa Pramana Koesoemadinata, dengan topic The Still and The Spiritual.

Previous Article Next Article

Tinggalkan Balasan