ASRAMA

 

Asrama Telkom University memiliki letak yang sangat strategis karena dekat dengan gedung kuliah umum (Gd. Tokong Nanas 10 lantai). Asrama ini menjadi salah satu sarana kampus yang dibangun untuk tempat tinggal Mahasiswa/i baru pada 1 tahun pertama masa perkuliahan di Telkom University sehingga para orang tua tidak perlu khawatir meninggalkan putra dan putri untuk melanjutkan studinya. Luas keseluruhan asrama … hektar yang terdiri dari 8 gedung asrama putri dan 10 gedung asrama putra. Setiap gedung asrama memiliki kakak asrama yang biasa disebut sebagai Senior Residents serta Helpdesk di setiap lantai dasar gedung sehingga kenyamanan dan keamanan akan tetap terjaga. Selain itu, kegiatan pembinaan terhadap mahasiswa/i yang tinggal di asrama akan diawasi secara rutin oleh Direktorat Kemahasiswaan Telkom University.

 


 

 

LIBRARY

 

Sejak tahun 2015 lalu, perpustakaan Telkom University ini telah mendapatkan akreditasi “A” dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Perpustakaan yang biasa disebut Telkom University Open Library ini adalah brand untuk unit Sumber Daya Keilmuan & Perpustakaan (SDK & Perpustakaan) Telkom University yang berdiri sejak …. lalu. Dengan jumlah judul koleksi lebih dari 80.500 dengan 123.937 eksplamar dikoleksi dengan tujuan untuk mewujudkan visi dari Telkom University Open Library yaitu “Menjadi leader dari pusat ilmu dan pengetahuan berbasis teknologi informasi”. Berdasarkan visi tersebut fasilitas perpustakaan ini tidak hanya dapat dinikmati oleh civitas akademika Telkom University, melainkan juga masyarakat luas secara online maupun offline. Open Library Telkom University ini menyediakan berbagai macam fasilitas di luar maupun didalam perpustakaan. Fasilitas di luar perpustakaan seperti kursi dan meja yang dapat dijadikan tempat untuk berbincang-bincang dan juga loker berkunci yang dapat diakses dengan mendaftarkan nomor induk mahasiswa di admin depan perpustakaan. Loker ini dapat digunakan untuk menyimpan barang bawaan seperti tas karena untuk masuk ke area perpustakaan memiliki tas perpustakaan sendiri sehingga pengunjung dapat memindahkan perlengkapan yang akan dibawa masuk ke tas yang telah disediakan. Sedangkan fasilitas yang disediakan di dalam perpustakaan ialah meja kursi berkelompok maupun sendiri, ruang komputer yang bisa dijadikan tempat untuk menonton koleksi film perpustakaan, ruangan-ruangan berkunci berkapasitas 4 sampai 20 orang yang dapat dipinjam untuk diskusi dengan mahasiswa maupun dosen yang dilengkapi dengan papan tulis kecil dengan cara meminjam secara online di website open library kemudian mengkonfirmasi dan mengambil kunci dengan meninggalkan kartu tanda mahasiswa di admin dalam perpustakaan, selain itu fasilitas peminjaman buku pun ada dan yang tak kalah menariknya ialah adanya mini bar untuk coffee dan teh gratis di jam-jam tertentu.

 


 

 

COMMAND CENTER

 

Untuk meningkatkan keamanan di lingkungan kampus, selain mengadakan pos security, Telkom University membangun command center dengan sistem keamanan berbasis teknologi digital. Sebanyak 300 kamera CCTV akan dipasang di area kampus, gedung perkuliahan hingga fasilitas umum dan jalan sekitar kampus, 152 diantaranya telah terpasang. Camera CCTV ini langsung terkoneksi ke ruang command center dengan pengawasan keamanan selama 24 jam setiap hari. Selain pengadaan CCTV, Telkom University juga menyediakan 10 panic button dengan 5 jumlah panic button yang telah terpasang sehingga dapat langsung digunakan dalam keadaan mendesak dan memerlukan bantuan seperti menggotong orang yang pingsan karena panic button ini langsung terhubung ke command center dan informasi yang didapatkan akan langsung diteruskan kepada pos keamanan terdekat dengan lokasi panic button tersebut. Harapannya, orang tua bisa lebih tenang menyekolahkan putra putrinya di sini dan memastikan seluruh civitas akademika di Telkom University tetap merasa aman dan nyaman selama berada di lingkungan kampus.