Inovasi

1 copy

AUMR

Autonomous UVC Mobile Robot (AUMR). Inovasi hasil kolaborasi Telkom University bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) merupakan robot AUMR pertama di Indonesia yang berfungsi untuk Desinfeksi & Sterilisasi pada Ruang Isolasi Pasien Positif Covid-19. Robot ini dapat beroperasi hingga kurun waktu 5 jam, untuk sistem kerja UVC nya bisa berlangsung sekitar 1 jam. Kontrol terhadap robot ini bisa dilakukan dalam beberapa mode, bisa menggunakan remote control, autonomous control mode dengan melakukan line tracking atau laser range navigation. Robot ini juga sudah dilengkapi sensor ultrasonic untuk menghindari menabrak benda di sekitarnya.

Akreditasi A

Telkom University merupakan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) pertama di wilayah Jawa Barat & Banten yang pertama kali mengantongi akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) di tahun 2016. Hingga saat ini Hanya 104 Perguruan Tinggi terakreditasi A dari Total Perguruan Tinggi di Indonesia (4.603 Perguruan Tinggi)

Glucoby dan HBey

Kedua inovasi hasil karya mahasiswa dan dosen Telkom University, dimana Glucoby sendiri berfungsi untuk mengukur kadar gula dalam darah melalui alat yang ditempelkan pada jari penggunanya. Sedangkan Hbey sendiri adalah alat yang digunakan dalam pengecekan kadar Hemoglobin dengan memotret konjungtiva/bagian bawah mata seseorang. Setelah itu, secara otomatis aplikasi akan mengkalkulasi Hemoglobin lalu menampilkan datanya.

2 copy

PTS No 1

Telkom University meraih predikat sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik no 1 dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia di tahun 2019. Berdasarkan indicator penilaian yang diberikan kemenristekdikti, Telkom University yang paling menonjol dari sisi proses jumlah akareditasi prodi (Program Studi), sudah 70 % prodi di Tel U terakreditasi A dan 59 % diantaranya terakreditasi internasional

4 copy

CholMe

CholMe adalah aplikasi berbasis android untuk mengukur kadar kolesterol seseorang melalui foto mata seseorang. Alat ini mempermudah pelaku medis terutama yang belum memiliki laboratorium klinik untuk melakukan pengukuran dan pengontrolan kadar kolesterol pasien. Manfaat yang didaptkan dari aplikasi ini adalah biaya pemeriksaan kadar kolesterol yang terbilang murah dan hanya membutuhkan kurang dari 1 menit untuk mendapatkan hasilnya. Alat ini juga telah masuk dalam salah satu produk Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi – Perguruan Tinggi (CPPBT-PT).

Widyapadhi

Telkom University kembali menerima Anugerah IPTEK Widyapadhi 2019, untuk subkategori Manajemen Inovasi. Dari 570 perguruan tinggi yang berpartisipasi, Tel-U berhasil meraih peringkat ke-2 setelah Universitas Hasanuddin diperingkat pertama disusul Universitas Padjadjaran pada peringkat ke-3. Tel-U menjadi satu-satunya PTS (Perguruan Tinggi Swasta) yang terpilih sebagai perguruan tinggi dengan inovasi terbaik (pengelolaan, produk perusahaan startup dan spin off terbaik) untuk sub kategori Manajemen Inovasi oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Safe-T

SAFE-T merupakan sebuah produk inovatif berbasis aplikasi yang dibuat khusus untuk membantu pihak kepolisian dalam menegakan hukum lalu lintas. SAFE-T adalah aplikasi berbasis android, dimana aplikasi ini akan membantu pihak kepolisian dan para pengguna nya untuk dapat melaporkan pelanggaran lalu lintas yang terjadi di sekitar mereka. SAFE-T juga memberikan keuntungan bagi para pelapor yang melaporkan data secara valid dan sudah di acc oleh pihak kepolisian, pelapor akan mendapatkan SAFE-T point yang dapat ditukarkan dengan saldo uang digital / cashless.

5 copy

Klaster Mandiri

Telkom University kembali menempati peringkat terbaik dari Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Ristek/BRIN), dimana Telkom University telah masuk dalam Klaster Mandiri (Tertinggi) untuk Kinerja Penelitian Kemenristek. Telkom University berhasil meningkatkan kualitas penelitian nya sehingga bisa naik dari klaster utama menjadi klaster mandiri pada periode penilaian tahun 2016-2018.

6 copy

CLIoT

CLIoT merupakan sebuah alat berupa terminal (colokkan) listrik yang bisa dikontrol secara jarak jauh (Internet of Things) melalui sebuah aplikasi di smartphone. CLIoT bisa mematikan atau menyalakan arus listrik terminal, selain itu juga ada fungsi untuk memonitor penggunaan listrik. Jadi CLIoT bisa memantau penggunaan listrik dalam jangka waktu tertentu, misal perbulan. CLIoT memudahkan user agar tidak repot untuk menggulung kabel setelah digunakan. Dengan satu tombol, kabel yang sudah diulur akan secara otomatis masuk kembali kedalam terminal. Lalu, CLIoT juga sudah terdaftar paten dan hak cipta atas nama Universitas Telkom.

UI Green Metric

Telkom University berhasil meraih predikat kampus hijau dari pemeringkatan UI Green Metric, pada pemeringkatan ini UI mengumumkan 10 Universitas terbaik di Indonesia dalam UI Green Metric World Ranking 2019, dan Tel-U berhasil menempati peringkat ke-9 nasional dan peringkat 135 dunia. Komponen penilaian kampus hijau ini dilihat berdasarkan Setting And Infrastructure, Energy And Climate Change, Waste, Water, Transportation, & Education.

SIHEDAF

SIHEDAF adalah sistem pendeteksi Atrial Fibrillation (AF) yang di khususkan untuk alat pendeteksi dini stroke yang dibuat berbentuk jam tangan (smartwatch). Statistik kejadian AF dapat digunakan sebagai indikasi resiko stroke pada pasien. Inovasi sistem pendektesi AF berbentuk jam tangan ini agar mempermudah dan tidak mempersulit pengambilan data Atrial Fibrillation (AF). SIHEDAF menggunakan signal PPG untuk mendeteksi data AF, sehingga tidak perlu menggunakan kabel penghubung yang cukup rumit dan memakan waktu lama dalam pengambilan data Atrial Fibrillation (AF). SIHEDAF juga bisa langsung terhubung ke web dan applikasi berbasis Android.

7 copy

Abdimas Sangat Bagus

Sebagai perguruan tinggi yang menjunjung tinggi Tri Dharma nya, yakni Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, dalam bidang pengabdian kepada masyarakat, berdasarkan pemeringkatan yang diberikan Kemenristek bahwa Telkom University berhasil menduduki predikat sangat baik pada pemeringkatan perguruan tinggi berbasis kinerja pengabdian kepada masyarakat untuk periode tahun 2016-2019.

8 copy

Electra 4D

Sebuah produk yang fokus konsumennya adalah kaos printing untuk anak-anak. Keunggulan yang diberikan inovasi ini adalah, kaos yang dihasilkan dari Electra 4D akan menampilkan animasi 3D saat disorot dengan kamera smartphone. plikasi Elextra 4D dibuat dengan teknologi Augmented Reality berbasis Android. Untuk menampilkan animasi 3D, tim Elextra 4D menggunakan software Unity 3D, Vuforia dan Blender. Cara kerjanya melalui aplikasi Elextra 4D yang dapat di unduh di Play Store, setelah aplikasi dibuka pengguna tinggal mengarahkan kamera smartphone ke kaos dan akan muncul animasi 3D. melalui aplikasi ini anak-anak dapat mendapatkan edukasi tentang gambar yang terdapat dikaos melalui animasi 3D.

Prodi Internasional

Hingga saat ini 70% Program Studi (Prodi) yang ada di Tel-U sudah terakreditasi A. Selain akreditasi nasional, dari 34 Prodi 19 diantaranya sudah mendapat akreditasi Internasional dari ABEST 21, ASIC dan IABEE

Inserta

Inovasi Telkom University kali ini adalah sebuah masker kain dengan fitur berupa ‘pocket’ untuk mengganti filter didalamnya. Filter ekstra ini berfungsi untuk meningkatkan perlindungan terhadap droplets maupun debu yang dapat terhirup ketika bernapas. Inserta sendiri berasal dari frase ‘insert-again’ dalam Bahasa Inggris berarti ‘memasukkan kembali’. Inserta Face Mask sendiri terdiri atas tiga lapisan. Lapisan bagian dalam pada Inserta Face Mask adalah katun 70%. Katun 70% ini lebih halus sehingga nyaman digunakan ketika bersinggungan langsung dengan kulit wajah. Pada bagian ini terdapat ‘pocket’ untuk mengganti filter yang ada pada lapisan kedua. Filter pada lapisan kedua ini dapat berupa kasa steril, bahkan tissue.

9 copy

QS Stars

Penghargaan bintang 5 QS (Quacquarelli Symonds), dimana Indikator QS banyak digunakan oleh universitas di dunia sebagai acuan pengembangan menuju universitas berkelas dunia., penghargaan bintang 5 itu meliputi kategori Teaching, Innovation, Employability, dan Inclusiveness.

10 copy

Goni-Goni

Startup hasil karya mahasiswa Telkom University ini merupakan startup yang bergerak di bidang teknologi dan lingkungan kini menjadi penghubung bagi masyarakat yang hendak ‘menabung’ sampah rumah tangganya ke bank sampah. GoniGoni bekerjasama dengan beberapa bank sampah secara terintegrasi untuk melakukan kegiatan penjemputan langsung sampah rumah tangga. GoniGoni tidak hanya memberikan layanan berupa aplikasi bank sampah, tetapi mencakup keseluruhan Sistem Informasi termasuk memberikan edukasi-edukasi yang masif mengenai pengelolaan sampah dan pemilahan sampah kepada masyarakat umum.

Prodi Internasional

Hingga saat ini 70% Program Studi (Prodi) yang ada di Tel-U sudah terakreditasi A. Selain akreditasi nasional, dari 34 Prodi 19 diantaranya sudah mendapat akreditasi Internasional dari ABEST 21, ASIC dan IABEE

River Monitoring System

Sebagai bentuk kontribusi Telkom University terhadarp program citarum harum, inovasi yang dihasilkan kali ini merupakan alat monitoring terhadap kualitas air di sungai citarum, alat ini akan memonitoring melalui sensor Total Dissolved Solid (TDS) untuk mendeteksi kadar logam yang berfokus pada efek kadar besi dan sensor Ph meter untuk mengukur PH air sungai citarum. Kedua sensor ini diletakan di kayak, kemudian alat ini akan memancarkan ke station dengan menggunakan komunikasi lora untuk melihat kualitas air sungai citarum.

11 copy