07 Jan 2022

Kolaborasi Tel-U dan Universitas Muhammadiyah: Pengembangan ICT dan Joint Research

Bandung, Telkom University – Universitas Muhammadiyah Cirebon melakukan kunjungan ke Telkom University pada Rabu, (6/1). Kunjungan ini bertujuan untuk memperkuat kolaborasi antar universitas, juga sebagai sharing knowledge di bidang Information and Communication Technology (ICT) serta rencana untuk melakukan joint research di masa yang akan datang. 

Hal tersebut diungkapkan oleh Rektor Muhammadiyah Cirebon (UM Cirebon), Arif Nurdin, M.T. saat acara berlangsung di Gedung Bangkit Tel-U. Menurutnya, sebagai perguruan tinggi swasta, perlu melakukan akselerasi di berbagai bidang. Khususnya bagi UM Cirebon yang baru berusia 5 tahun.

“Kehadiran kami di sini, ingin mempelajari pengelolaan kampus berbasis ICT, ini karena kami saat ini sedang membangun sistem tersebut. Kami kira mempelajari hal ini sangat relevan dengan Tel-U.” ungkap Arif.

UM Cirebon beberapa tahun lalu adalah Perguruan Tinggi binaan Telkom University. Saat ini UM Cirebon berhasil meraih akreditasi B Ban-PT. Kunjungannya ke Tel-U juga sebagai bentuk apresiasi atas bimbingan yang telah diberikan oleh Tel-U kala itu.

“Tel-U berkontribusi besar bagi kami, khususnya ketika kami menjadi PT Binaan beberapa waktu lalu. Alhamdulillah saat ini kami berhasil memperoleh akreditasi B. Semoga ke depannya, kolaborasi yang kita bentuk menjadi alat agar kita bisa lebih jauh dalam segala hal.” ungkap Arif.

Rektor Telkom University, Prof. Dr. Adiwijaya menyampaikan, diharapkan ke depannya kedua universitas akan memiliki banyak kolaborasi yang dapat direalisasikan. 

“Silaturahmi ini tentunya menguatkan kolaborasi, sesuai dengan visi kami, adalah menjadi research and entrepreneurial university. Tentu ini bukan hal mudah yang bisa dilakukan sendiri, makanya kami senang jika ada kolaborasi seperti ini.” sambut Adiwijaya.

Rektor Tel-U menjelaskan, dengan teknologi, potensi dari segala hal dapat dimanfaatkan secara maksimal. Pengelolaan kampus di Tel-U sendiri, sejauh ini sudah terintegrasi dan memiliki sistem yang berbasis ICT. 

Selain meningkatkan infrastruktur teknologi, beliau juga menekankan bahwa mengembangkan potensi human resources juga tidak kalah penting, hal ini untuk mewujudkan budaya kerja yang kuat serta keharmonisan untuk membangun sinergitas sivitas akademika didalamnya.

Selain UM Cirebon, UM Bandung juga turut hadir pada kunjungan ini. Rektor Muhammadiyah Bandung, Prof. Dr. Herry Suhardiyanto mengungkapkan, ke depannya diharapkan ada kesempatan untuk Joint Research antara UM dan Tel-U, yang mungkin bisa di kolaborasi dengan kepakaran dosen yang ada disini. 

“Join riset yang kami kira akan cukup menarik, salah satunya di kami ada Program Studi Teknologi Pangan. Untuk kolaborasinya dengan program studi yang ada di Tel-U, nanti kita harap ada diskusi lebih lanjut” harapnya.

Tinggalkan Balasan