Rencana Induk Penelitian

Strategi dan Kebijakan Bidang Penelitian

Penelitian unggulan tingkat institusi ditetapkan berdasarkan beberapa hal berikut ini:

  1. Indonesia 2005-2025 Buku Putih Kementerian Negara Riset dan Teknologi Republik Indonesia.
  2. Buku Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) 2011- 2025.
  3. Kemampuan yang dimiliki oleh Kelompok Keahlian (KK).
  4. Tren perkembangan teknologi yang berkembang pada 20 tahun mendatang.

Telkom University Research

Conference

 

26

Laboratory

 

28

Research Group

 

35

Research Center

Telkom University Research Center

ICT Business & Public Policy

Research Center for ICT Business and Public Policy

Research Center (RC) for ICT Business and Public Policy merupakan unit strategis yang berupaya menghadirkan Telkom University sebagai bagian dari entitas penyumbang, penyebarluasan, serta berkontribusi dalam perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, manajemen, dan seni, sekaligus pemasok  pemikiran dalam kemasan kajian akademik kepada pemerintah, industri, operator, pemakai jasa, dan semua pihak terkait baik nasional maupun internasional.

Adwitech

Center Of Advanced Wireless Technology

Center for Advanced Wireless Technologies, disingkat AdWiTech, adalah salah satu research center di Universitas Telkom yang fokus pada penelitian fundamental strategis dan pengembangan teknologi maju bidang telekomunikasi nirkabel. AdWiTech merupakan program strategis Universitas Telkom, bertujuan untuk membawa misi khusus, yaitu: mengembangkan kultur penelitian, mengembangkan model ideal dan penelitian kolaboratif, serta percepatan kualitas penelitian Universitas Telkom menuju taraf internasional.

Tel-U IoT Center

Telkom University Internet of Things Center

Direktorat Research Center IoT Universitas Telkom adalah pusat penelitian dan implementasi dalam bidang Internet of Things dan Teknologi pendukungnya yang senantiasa mampu memenuhi kebutuhan nasional dan  global. Bidang kajian yang dikembangkan oleh Direktorat Research Center IoT Universitas Telkom antara lain : Electronic System, Sensors, Actuators, Embedded System, Communication System, Network Enginering, Power System, Energy, Smart and Inteligent System, and IoT Applications.

RC DBE

Digital Business Ecosystem

Direktorat Research Center Digital Business Ecosystem (RC DBE) adalah sebuah pusat penelitian yang didirikan pada bulan Juli 2018 sebagai bagian strategi untuk memperkuat kemampuan penelitian Universitas Telkom. RC DBE mempunyai fokus pada pengembangan penelitian sosial. Untuk mencapai tujuan tersebut, RC DBE memanfaatkan kemajuan metodologi dan teknologi mutakhir bidang informasi dan telekomunikasi. Beberapa state of the art metodologi dan di tahun 2019 yang bisa mendukung aktivitas RC DBE antaran lain adalah big data analytics, artificial intelligence, blockchain, dan social computing. Tentunya RC DBE akan terus mengadopsi kemajuan teknologi di tahun tahun mendatang dalam mendukung tujuan utamanya.

Innovation

Bandung Techno Park

Incinerator BTP

Incinerator adalah solusi penanganan sampah terpadu dengan metode bank sampah dan pembakaran sampah menggunakan incinerator. Namun, dikarenakan incinerator merupakan alat yang memberikan hasil pembakaran berupa asap yang belum ter netralisasi dan juga boros dalam penggunaan bahan bakar, jadi BTP membuat inovasi baru yaitu incinerator BTP yang merupakan incinerator dengan menggunakan bahan bakar air yang dicampur dengan solar. Incinerator ini menggunakan tiga kali proses treatment untuk menetralisir racun dan asap sisa pembakaran sampah sehingga hasil pembakaran sampah hanya berupa udara panas yang sudah tidak berbahaya lagi bagi lingkungan.

 

more…

Research

Dr.Eng. Khoirul Anwar, S.T., M.Eng.

Dr. ANWAR graduated (cum laude) from the department of Electrical Engineering (Telecommunications), Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung, Indonesia in 2000. He received Master and Doctor Degrees from Graduate School of Information Science, Nara Institute of Science and Technology (NAIST) in 2005 and 2008, respectively. Since then, he was appointed as an assistant professor in NAIST.

Grand And Award

Riset & Inovasi

Anugerah Widya Kridha merupakan apresiasi untuk lembaga non-pemerintah dan kelompok masyarakat atas dedikasi dan kontribusinya dalam penguatan inovasi di masyarakat. Pada tahun 2017 Telkom University meraih penghargaan Anugerah Widya Kridha untuk mengapresiasi prestasi lembaga non-pemerintah dan kelompok masyarakat atas dukungannya dalam mendorong penguatan sistem inovasi.